The students’ perception toward using songs In learning listening skill in universitas muria kudus

Syafik, Mohammad (2021) The students’ perception toward using songs In learning listening skill in universitas muria kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (293kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] Text (bab 6)
Bab VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (347kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Mendengarkan merupakan kemampuan untuk menerima dan menafsirkan pesan secara akurat dalam proses komunikasi. Menggunakan lagu dalam pengajaran merupakan pilihan yang baik bagi siswa. Lagu sangat identic dengan kehidupan manusia karena lagu ada dalam setiap aspek kehidupan manusia. Sebagoan besar siswa UMK suka mendengarkan lagu, tetapi mereka tidak mengerti apa maksud dari konteks yang mereka dengarkan. Itu menunjukan bahwa keterampilan mendengarkan mereka kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunakan lagu dalam pembelajaran keterampilan mendengar di UMK. Data diambil dari kuesioner berdasarkan tiga aspek yaitu (1) Kesulitan, (2) Menarik, dan (3) Praktik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah persepsi mahasiswa terhadap penggunaan lagu dalam pembelajaran listening di UMK dan sumber datanya adalah mahasiswa semester I yang mengikuti Extensive Listening Class tahun 2020/2021. Setelah mengumpulkan data, penulis menganalisis data secara kualitatif. Analisis data terdiri dari tiga frase kegiatan. Yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi penarikan kesimpulan. Dari kuesioner menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif sebagai mayoritas jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan lagu dalam pembelajaran keterampilan menyimak untuk jawaban TINGGI adalah 69%, jawaban NETRAL 15% dan jawaban RENDAH 16%. Hal ini menunjukkan bahwa Spotify sudah sangat familiar bagi mahasiswa UMK. Aspek Menarik menjadi aspek yang paling dominan dengan 72%, Aspek Praktik menjadi aspek yang paling dominan kedua dengan 70%, dan Aspek Kesulitan memiliki aspek yang paling tidak dominan dengan 65%. Dapat disimpulkan bahwa 69% siswa setuju bahwa dengan menggunakan lagu pembelajaran menyimak dapat lebih mudah dan menarik. Peneliti menyarankan agar penelitian ini dapat menjadi acuan dalam meningkatkan keterampilan menyimak bagi siswa dan dapat menjadi acuan bagi guru dalam mengajarkan keterampilan menyimak. Peneliti juga menyarankan kepada peneliti lain untuk menggunakan penelitian ini sebagai referensi dalam melakukan penelitian, dan mengetahui aspek lain dalam pembelajaran keterampilan mendengarkan dengan lagu.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd pembimbing 2 :Mutohhar, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Keterampilan Mendengar, Lagu
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 18:47
Last Modified: 06 Oct 2021 18:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15247

Actions (login required)

View Item View Item