The effort of i-buddy batch ii students In learning speaking skill

Yakub, Khoiri (2021) The effort of i-buddy batch ii students In learning speaking skill. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
1. HLM COVER.pdf - Published Version

Download (686kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (605kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] Text (bab 6)
7. BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (605kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy

Abstrak

I-Buddy adalah salah satu organisasi yang diselenggarakan oleh Office of International Affairs (OIA). Belajar berbicara bahasa Inggris sangat dibutuhkan bagi organisasi yang selalu membawa dan menangani kegiatan kemahasiswaan seperti pertukaran pelajar atau acara internasional. Tidak hanya itu, harus ada upaya dari siswa untuk dapat menjadi pemandu yang dapat berbicara dengan baik dan jelas, upaya peningkatan pembelajaran bahasa Inggris dengan baik dan benar, dan pembelajaran tentang menjadi penerima tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya siswa I-Buddy Batch II dalam mempelajari keterampilan berbicara berdasarkan tujuh aspek yaitu; (1) Kegiatan Perpustakaan, (2) Pembelajaran Kursus, (3) Seni, Musik dan Teater, (4) Fasilitas Kampus, (5) Klub dan Organisasi, (6) Pengalaman Pribadi, dan (7) Pengalaman Berbicara. Data diambil dari kuesioner dan disesuaikan dengan menggunakan milik Nigel (2001). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan studi kualitatif deskriptif untuk mengumpulkan data. Data dalam penelitian ini adalah usaha I-Buddy Batch II dalam pembelajaran berbicara dan sumber datanya adalah siswa I-Buddy Batch II. Pesertanya adalah 12 mahasiswa yang telah mengikuti I-Buddy Batch II. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan kualitatif dalam menganalisisnya. Dari data tersebut terlihat bahwa upaya siswa I-Buddy Batch II dalam mempelajari keterampilan berbicara untuk jawaban TINGGI adalah 54%, jawaban NETRAL 15% dan jawaban RENDAH adalah 31%. Hal ini menunjukkan bahwa ketujuh aspek usaha telah digunakan oleh siswa I-Buddy Batch II dalam belajar keterampilan berbicara. Klub dan Organisasi menjadi aspek yang paling dominan dengan 71%, artinya bergabung dengan klub atau organisasi merupakan upaya paling efektif siswa I-Buddy Batch II dalam mempelajari keterampilan berbicara. Dan, Pengalaman Pribadi menjadi aspek terendah dalam belajar berbicara dengan hanya 32% yang setuju. Meskipun begitu, semua aspek tersebut dapat membantu mereka dalam mempelajari keterampilan berbicara. Peneliti menyarankan kepada pihak lain yang memiliki korelasi dengan pembelajaran berbicara dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd pembimbing 2 :Farid Noor Romadlon, S.Pd., M.Pd., as
Kata Kunci: Upaya Siswa, I-Buddy, Keterampilan Berbicara
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 18:56
Last Modified: 06 Oct 2021 18:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15248

Actions (login required)

View Item View Item