Hubungan pola asuh otoriter dan demokratis Dengan hasil belajar ranah pengetahuan Pada kelas v sd 4 piji dawe kudus

HANDAYANI, FITRI (2021) Hubungan pola asuh otoriter dan demokratis Dengan hasil belajar ranah pengetahuan Pada kelas v sd 4 piji dawe kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTRA PUSTAKA] Text (DAFTRA PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (282kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pola Asuh Otoriter dan Demokratis Dengan hasil Belajar Siswa kelas V SD 4 Piji Dawe Kudus. Pola asuh otoriter adalah pola asuh yang bersifat memaksa anak, agar anak mau menuruti perintah orang tua, dan perintah itu jika tidak di lakukan akan menimbulkan ancaman-ancaman yang digunakan untuk memaksa anak. Pola asuh demokratis adalah pola asuh orang tua yang menerapkan perlakuan kepada anak dalam rangka membentuk kepribadian anak dengan cara memproritaskan kepentingan anak yang bersikap rasional atau pemikiran – pemikiran. Anak diberikan kebebasan memilih apa yang mereka mau tetapi masih dalam pengawasan dan kontrol oleh orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dilaksanakan di kelas V SD 4 Piji dengan subjek penelitian peneliti 21 siswa. Prosedurnya meliputi pemberian angket kepada siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu X1 yakni pola asuh otoriter X2 pola asuh demokratis dan variabel Y hasil belajar. Metode pengumpulan data berupa, observasi, tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi tehnik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi antara pola asuh otoriter dan hasil belajar. Dalam penilitian diperoleh skor r tabel (–0,792 > 0,433) dengan nilai signifikasi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka terdapat hubungan kuat antara variabel X dan variabel Y, bentuk hubungan antara kedua variabel tersebut adalah hubungan negtif. Sementara itu pada pola asuh demokratis terdapat korelasi yang signifikan. Dari hasil penelitian diperoleh skor 0,856 (0,856 > 0,433) dengan nilai signifikasi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 ( 0,000<0,05) yang berarti terdapat hubungan kuat antara variabel X1 dan variabel Y, bentuk hubungan antara kedua variabel tersebut adalah positif. Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif korelasi yang dilakukan di SD 5 Piji Dawe Kudus, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara pola asuh otoriter dan pola asuh demokratis. Jika semakin tinggi penerapan pola asuh otoriter maka semakin rendah hasil belajar. Sebaliknya apabila orang tua menerapkan pola asuh demokratis maka hasil belajar tidak akan menurun tapi justru naik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING 1 :Sekar Dwi Ardianti, M.Pd, PEMBIMBING 2 :M. Syafrudin Kuryanto, M.Or.
Kata Kunci: Pola Asuh Otoriter dan Demokratis, Hasil belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 23:33
Last Modified: 20 Oct 2021 23:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15743

Actions (login required)

View Item View Item