RIZQI, MUHAMMAD NAUVAL (2021) Mengatasi malas mengerjakan tugas pembelajaran daring melalui konseling behavioristik dengan Teknik shaping pada siswa smp negeri 2 Gebog kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (700kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (215kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (119kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa SMP Negeri 2 Gebog malas mengerjakan tugas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. 2). Mengatasi malas mengerjakan tugas pembelajaran daring melalui konseling behavioristik dengan teknik shaping. Malas yang dimaksud yaitu malas dalam mengerjakan tugas pembelajaran daring pada saat belajar mengajar berlangsung secara virtual yang di berikan kepada guru mata pelajaran. Untuk mengatasi malas mengerjakan tugas pembelajaran daring peneliti akan melakukan konseling behavioristik dengan teknik shaping. Konseling behavioristik adalah suatu pandangan ilmiah tentang tingkah laku manusia sedangkan teknik shaping adalah membentuk tingkah laku baru yang sebelumnya belum di tampilkan dengan memberikan reinforcement secara sistematik dan langsung setiap kali tingkah laku ditampilkan. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian studi kasus dengan metode penelitian kualitatif. subyek yang digunakan adalah siswa di SMP Negeri 2 Gebog Kudus yang mempunyai masalah malas mengerjakan tugas pembelajaran daring sebanyak 2 orang. Didalam penelitian ini, analisis data yang digunakan peneliti merupakan dengan cara mendeskripsikan dari hasil analisis pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi, home visit dan dokumentasi secara mendalam agar mendapatkan data yang lebih akurat dalam menangani permasalahan malas mengerjakan tugas pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konseli AYL dan AR mengalami perubahan yang sangat baik. Melihat perubahan yang konseli tunjukkan maka dapat dikatakan proses konseling behavioristik teknik Shaping yang peneliti dan kedua konseli lakukan dikatakan berhasil, karena kedua konseli sudah mampu mengatasi permasalahannya sendiri yaitu tidak malas mengerjakan tugas pembelajaran daring dan mampu membentuk perilaku baru yaitu rajin mengerjakan tugas pembelajaran daring. Peneliti menyampaikan saran kepada 1. Konseli mampu berperilaku yang positif dengan harapan tidak mengulangi lagi perilaku yang tidak diinginkan. 2. Guru BK dapat memperoleh alternative dari pemecahan masalah malas mengerjakan tugas pembelajaran daring dengan penerapan pendekatan behavioristik dengan teknik shaping. 3. Peneliti dapat melatih kesabaran dan meningkatkan kemampuannya. 4. Kepala sekolah dapat menentukan kebijakan di dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Drs. Masturi, M.M. Pembimbing 2 Nur Mahardika., M.Pd. |
Kata Kunci: | Malas Mengerjakan Tugas Pembelajaran Daring, Konseling Behavioristik, Teknik Shaping |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 18:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 18:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15808 |
Actions (login required)
View Item |