Amalia, Noor Azif (2021) Pengembangan ethno–virtual card berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan rasa ingin tahu. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (756kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (280kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (283kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran serta integrasi budaya dalam pembelajaran di SMP N 1 Jekulo. Berdasarkan angket yang diisi siswa sebanyak 73% menyatakan selama ini pembelajaran tidak pernah menggunakan media pembelajaran khusunya dalam menekankan kemampuan pemecahan masalah. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dan kurangnya antusias dengan 38% tidak tertarik belajar matematika. Salah satu media yang dapat digunakan berdasarkan hasil observasi sebanyak 76% siswa merasa antusias belajar menggunakan media kartu. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan ethno-virtual card berbasis kemampuan pemecahan masalah siswa dan rasa ingin tahu; (2) menguji kevalidan ethno-virtual card berbasis kemampuan pemecahan masalah siswa dan rasa ingin tahu; (3) menguji kepraktisan ethno-virtual card berbasis kemampuan pemecahan masalah siswa dan rasa ingin tahu. Penelitian Research and Development (R&D) ini dilaksanakan di kelas VII-G SMP N 1 Jekulo dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun langkah-langkah penelitian pada model ADDIE antara lain: (1) analyze; (2) design; (3) development; (4) implementation; (5) evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan meliputi analisis proses pengembangan media, validitas media, dan analisis kepraktisan media. Media ethno-virtual card didesain semenarik mungkin serta bervariasi dengan berisikan konten yang terintegrasi dengan budaya. Fitur yang ada pada ethno-virtual card antara lain fitur barcode pada bagian depan yang berisikan bacaan mengenai budaya sejarah, kearifan, dan keunggulan pada kota Kudus, Jepara, dan Semarang. Selain itu, fitur barcode pada salah satu bagian belakang kartu berisikan contoh penyelesaian soal sesuai dengan indikator kemampuan pemecahan masalah. Adapun keunggulan pada ethno-virtual card yakni media kartu yang berbasis kemampuan pemecahan masalah dan variasi warna serta jenis kartu. Hasil validasi menunjukkan bahwa media kartu termasuk dalam kriteria valid dengan skor 3,2. Hasil penilaian kepraktisan guru dan siswa, guru menyatakan ethno-virtual card termasuk dalam kriteria sangat praktis dengan skor 3,6 dan penilaian siswa menyatakan ethno-virtual card praktis dengan skor 3,2. Berdasarkan hasil di atas, media dinyatakan valid, praktis. Sehingga media ethno-virtual card dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi segiempat dan segitiga.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2. Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Ethno-Virtual Card, Pemecahan Masalah, Rasa Ingin Tahu |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Ilmu Murni > Matematika |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Oct 2021 19:15 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 19:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15867 |
Actions (login required)
View Item |