Pengembangan buku saku ips berbasis permainan edukasi tema peristiwa dalam kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sekolah dasar

SUGIYANTI, NOVI (2022) Pengembangan buku saku ips berbasis permainan edukasi tema peristiwa dalam kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (745kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Berbagai pengembangan inovasi model dan media pembelajaran menjadi perhatian dari para peneliti pendidikan guna meningkatkan kualiatas pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas V pada tiga SD se-Gugus Sultan Agung Korwil Dikbud Kecamatan Gajah Kabupaten Demak bahwa untuk menunjang pembelajaran IPS guru hanya terbatas pada buku guru dan buku siswa. Selain itu hasil wawancara juga menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada KD 3.4 mata pelajaran IPS yang berisi tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Dari permasalahan tersebut maka dibutuhkan bahan ajar yang praktis sehingga peneliti mengembangkan bahan ajar buku saku sebagai bahan ajar pendukung agar siswa cepat mempahami isi materi yang ada pada kompetensi dasar tersebut. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menggali kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan buku saku IPS berbasis permainan edukasi, mendesain pengembangan buku saku berbasis permainan edukasi, menganalisis kelayakan media buku saku berbasis permainan edukasi dan menganalisis keefektifan media buku saku berbasis permainan edukasi pada tema peristiwa dalam kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengambangan (R&D) menggunakan metode Borg and Gall. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media pembelajaran buku saku berbasis permainan edukasi pada materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis produk, analisis data awal dan analisis data akhir dengan uji-t dan N-gain. Hasil analisis angket kebutuhan menunjukkan bahwa guru dan siswa kelas V di SD Gugus Sultan Agung Bindikbud Kecamatan Gajah Kabupaten Demak membutuhkan media pembelajaran inovatif yang dapat memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran IPS, sehingga peneliti mengembangkan buku saku IPS berbasis permainan edukasi. Pengembangan buku saku IPS berbasis permainan edukasi telah mendapatkan persentase penilaian dari oleh ahli media sebesar 74% (valid), ahli materi sebesar 87% (valid). Hasil belajar IPS kelas V pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 56,17 dan nilai rata-rata posttest sebesar 82,80 dengan perolehan nilai n gain sebesar 0,61 termasuk dalam kriteria sedang. Sedangkan hasil belajar kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 53,00 dan nilai rata-rata posttest sebesar 70,00 dengan perolehan nilai n gain sebesar 0,35 termasuk dalam kriteria sedang. Jadi hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media buku saku IPS berbasis permainan edukasi. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) buku saku berbasis permainan edukasi dapat dijadikan pilihan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, 2) bagi pengguna buku saku ini diharapkan dapat mengembangkan buku saku IPS lain dengan bahasan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Slamet Utomo, M.Pd. 2. Dr. Suad, M.Pd
Kata Kunci: Buku Saku, Game, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:25
Last Modified: 23 Mar 2022 05:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16068

Actions (login required)

View Item View Item