Pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis karakter peduli lingkungan untuk siswa kelas iv sekolah dasar di kecamatan purwodadi kabupaten grobogan

IDAYANTI, MARLINA (2022) Pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis karakter peduli lingkungan untuk siswa kelas iv sekolah dasar di kecamatan purwodadi kabupaten grobogan. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Gagne dan Briggs (1975) dalam Arsyad (2013:4) secara eksplisit mengatakan bahwa media pembelajaran mencakup alat-alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi bahan ajar. Menurut BSNP (2013) Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Sehingga dalam mengajarkannya dibutuhkan beberapa hal diantaranya metode, media, perangkat pembelajaran dan keterampilan dalam mengajar yang disesuaikan dengan mata pelajaran IPA khususnya di sekolah dasar. (Kumala, 2016:10) Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran komik digital berbasis karakter peduli lingkungan siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. (2)Untuk mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis karakter peduli lingkungan siswa kelas IV Sekolah Dasar. (3)Untuk membuktikan kelayakan penggunaan komik digital berbasis karakter peduli lingkungan siswa kelas IV Sekolah Dasar di Dabin V Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. 4)Untuk membuktikan keefektifan penggunaan media komik digital berbasis karakter peduli lingkungan siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan model Borg and Gall yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis karakter peduli lingkungan siswa dengan memperhatikan tiga aspek kualitas yaitu valid, praktis dan efektif. Analisis data terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan produk yang dikembangkan dalam penelitian ini. Desain pengembangan produk dilakukan dengan panel layout, perancangan tampilan dan pemilihan karakter. Skor rata-rata keseluruhan dari validasi dari ahli bahasa, materi, dan media berturut-turut adalah 3,07; 3,11 dan 3,10. Ketiganya termasuk dalam kriteria “Layak”. Kelayakan juga didukung dari hasil angket respon siswa dan guru yang menunjukkan skor rata-rata 3,25 dan 3,26 dengan kriteria “Sangat Baik”. Produk komik digital yang dikembangkan juga terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep sumber daya alam dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SD di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan berdasarkan hasil Paired Sample T-test < 0,05 yakni 0,000, hasil Independent Sample T-test < 0,05 yakni 0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah komik digital dibutuhkan oleh siswa dan guru untuk meningkatkan pemahaman konsep sumber daya alam dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Komik digital yang didesain melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, proses dan evaluasi ini layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep sumber daya alam dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SD di Dabin V Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd 2. Dr. Sri Surachmi W, M.Pd
Kata Kunci: komik digital, karakter peduli lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:54
Last Modified: 23 Mar 2022 07:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16083

Actions (login required)

View Item View Item