Pengembangan model inkuiri berbasis window shopping untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi ilmu pengetahuan alam kelas 6 sekolah dasar kecamatan bonang

ULUM, BAHRUL (2022) Pengembangan model inkuiri berbasis window shopping untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi ilmu pengetahuan alam kelas 6 sekolah dasar kecamatan bonang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Analisis kebutuhan pembelajaran model pembelajaran; Pengembangan desain model pembelajaran; Analisis kelayakan model pembelajaran; dan Efektifitas model Inkuiri berbasis Window Shopping yang untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6 Sekolah Dasar Kecamatan Bonang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada langkah Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6 SD Negeri Gebang 1 dengan jumlah 28 siswa dan SDN Gebangarum 1 jumlah 34 siswa. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji ahli dan keefektifan melalui penelitian eksperimen. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penggunaan Model Inkuiri Berbasis Window Shopping dan keterlibtan siswa dalam pembelajaran masih rendah. Hasil pengembangan diperoleh desain Pengembangan Model Inkuiri Berbasis Window Shopping meliputi enam sintaks yaitu Orientasi, perumusan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, membuat kesimpulan, dan mengkomunikasin hasil kesimpulan. Keefektifan Inkuiri Berbasis Window Shopping ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain score yang hasilnya adalah kelas eksperimen 1 dan 2 (dengan menerapkan Inkuiri Berbasis Window Shopping) diperoleh hasil rata-rata persentase N-Gain score 71,88% dan 66,44% dikategorikan ‘Cukup efektif'. Sementara itu, Tidak menggunakan Inkuiri Berbasis Window Shopping pada kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata N-Gain score 39,30% dikategorikan 'Tidak efektif'. Sedangkan uji efektifan menggunakan uji paired sample t test diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar siswa pada pre test dan post test. Hasil t hitung pada kelas eksperimen 1 dan 2 juga menunjukkan nilai yang lebih besar dari t tabel yaitu untuk kelas eksperimen 1 t hitung diperoleh 26,002 > 2,052 dan kelas eksperimen 2 dengan t hitung 38,152 > 2.035. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Inkuiri Berbasis Window Shopping berdampak signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas 6 sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr.Santoso, M.Pd. 2. Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd
Kata Kunci: Model Inkuiri , Keterampilan Berargumentasi, IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 08:26
Last Modified: 23 Mar 2022 08:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item View Item