Pengembangan e-modul berbasis pendekatan contextual teaching and learning berbantuan next flipbook maker pada pembelajaran puisi lama untuk peningkatan literasi baca tulis siswa kelas v sd

KUSUMAWATI, ERNA (2022) Pengembangan e-modul berbasis pendekatan contextual teaching and learning berbantuan next flipbook maker pada pembelajaran puisi lama untuk peningkatan literasi baca tulis siswa kelas v sd. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media, mengetahui kelayakan dan efektivitas e-modul berbantuan Next Flipbook maker dalam peningkatkan literasi baca tulis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan metode pengembangan model Sugiyono. Menurut Sugiyono (2013:298) penelitian dan pengembangan terdiri dari 10 langkah sebagai yakni; 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji coba pemakaian, 9) Revisi produk, dan (10) Produksi masal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, wawancara, dan angket. Sedangkan data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran, validasi produk, dan minat belajar siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V dan guru SD di Kecamatan Kradenan Kabupeten Grobogan. Desain pengembangan e-modul berbantuan Next Flipbook maker dan yang telah dikembangkan peneliti terdiri atas 3 bagian yakni perencanaan, proses dan isi. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Dari proses validasi ahli materi diperoleh hasil rata-rata 3,47 pesentase 86,75% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media memperoleh hasil rata-rata 3,83 persentase 95,75% dengan kategori sangat layak, dan validasi ahli bahasa memperoleh hasil rata-rata 3,45 persentase 86,25% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya produk yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi baca tulis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang mencapai tingkat ketuntasan 99% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil validasi dan dikuatkan dengan hasil belajar siswa maka e-modul berbantuan Next Flipbook maker ini efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi baca tulis siswa kelas V di Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Selanjutnya media e-modul berbantuan Next Flipbook maker diterapkan pada kelas eksperimen untuk mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil uji efektivitas produk dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, diperoleh hasil uji Paired Samples T-Test dari data kelas kontrol dengan kelas eksperimen, dilihat dari signifikasi (2 tailed) menunjukkkan hasil < 0,05 yakni 0,000. Dengan demikian dapat diputuskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengembangan media e-modul berbantuan Next Flipbook maker efektif dalam peningkatan kemampuan literasi baca tulis siswa

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd 2. Dr. Drs. Mohamad Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: E-modul, pendekatan Contextual Teaching And Learning, literasi baca tulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 08:45
Last Modified: 23 Mar 2022 08:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16092

Actions (login required)

View Item View Item