Yunianti, Tintin Anggraeni (2021) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi benda di sekitarku kelas iii sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (453kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (202kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (240kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan lembar kerja siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pada materi benda di sekitarku kelas III sekolah dasar, mendeskripsikan desain pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pada materi benda di sekitarku kelas III sekolah dasar, menganalisis kelayakan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi benda di sekitarku kelas III sekolah dasar, dan menganalisis keefektifan lembar kerja siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pada materi benda di sekitarku kelas III sekolah dasar. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall. Langkah penelitian sebagai berikut sebagai berikut. pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, pengujian lapangan, revisi, uji produk, revisi hasil uji produk lapangan. Pengumpulan Data yang digunakan sebagai berikut teknik observasi, wawancara, dan tes tertulis. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut analisis kuantitatif dan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini sebagai berikut guru dan siswa kelas III SDN 1 Leteh dan SDN 2 Leteh. Desain pengembangan LKS berbasis inkuiri terbimbing terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, proses dan evaluasi. Adapun produk LKS berbasis inkuiri terbimbing terdiri daricover, kata pengantar, daftar isi, kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan LKS, peta konsep, ringkasan materi, lembar kerja siswa dan uji kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan LKS berbasis inkuiri terbimbing memenuhi kebutuhan LKS pada materi benda di sekitarku di sekolah dasar di Kabupaten Rembang, Hasil validasi produk oleh ahli materi diperoleh skor 81,25 dengan kategori sangat baik. Adapun validasi oleh ahli bahasa memperoleh skor 83,33 dengan kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas LKS berbasis inkuiri terbimbing diperoleh perhitungan N-gain = 0,78 dengan ketegori tinggi. Simpangan baku (S2) dari standart deviasi kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga diperoleh 98,58. Kemudian peneliti menghitung thitung. Perhitungan t diperoleh hasil thitung 6,80. Dalam tabel dengan df 33 dan a = 5% maka diperoleh nilai 1,692. Dengan hasil thitung> ttabel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Benda di Sekitarku Kelas III Sekolah Dasar layak dan efektif digunakan di sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., (2) Dr. Santoso, M.Pd. |
Kata Kunci: | Lembar Kerja Siswa, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Mar 2022 02:06 |
Last Modified: | 26 Mar 2022 02:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16156 |
Actions (login required)
View Item |