BASYARIAH, AFIFATUL (2022) Peningkatan hasil belajar keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui model jigsaw berbantuan media poster pada siswa kelas vii madrasah tsanawiyah sirojul huda pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman depan)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (365kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (341kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Bahasa Indonesia bertujuan agar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis, rasional, kreatif menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi aktif, bertanggung jawab, bertindak cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi Berdasarkan hasil refleksi awal yang dilakukan peneliti di kelas VII MTs. Sirojul Huda Kabupaten Pati, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu rendahya kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswadan hasil belajar siswa juga rendah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah melalui model Jigsaw dengan media poster dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Jigsaw. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 20 siswa kelas VII MTs. Sirojul Huda Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes (observasi dan catatan lapangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui model Jigsaw berbantuan media poster semakin meningkat yang ditunjukkan dengan: (1) keterampilan guru pada siklus 1 mendapat jumlah skor rata-rata 20,5 dengan kategori baik dan pada siklus 2 meningkat dengan jumlah skor rata-rata 28 dengan kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus 1 mendapat jumlah skor rata-rata 22,27 dengan kategori cukup dan pada siklus 2 meningkat dengan jumlah skor rata-rata 27,14 dengan kategori baik, (3) hasil belajar siswa pada siklus 1 memperoleh jumlah rata-rata 65,37 dengan persentase ketuntasan klasikal 60% dan pada siklus 2 mendapat nilai rata-rata 72,8 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 77,5%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat peneliti tarik simpulan bahwa penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VII Mts Sirojul Huda Pati. Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif terutama model Jigsaw dengan media poster dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Irfai Fathurohman, M. Pd 2. Mila Roysa, S. Pd., M. Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Jigsaw, Poster. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 07:51 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 07:51 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16192 |
Actions (login required)
View Item |