Penertiban modifikasi kendaraan bermotor (odong-odong) sebagai alat transportasi lalu lintas untuk mewujudkan keselamatan di kabupaten pati

KARDONO, YUSUF (2022) Penertiban modifikasi kendaraan bermotor (odong-odong) sebagai alat transportasi lalu lintas untuk mewujudkan keselamatan di kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal.Judul.pdf - Published Version

Download (887kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul “PENERTIBAN MODIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR (ODONG-ODONG) SEBAGAI ALAT TRANSPORTASI LALU LINTAS UNTUK MEWUJUDKAN KESELAMATAN DI KABUPATEN PATI” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penertiban modifikasi kendaraan bermotor (odong-odong) sebagai alat transportasi lalu lintas untuk mewujudkan keselamatan di Kabupaten Pati, dan untuk mengetahui kendala dan upaya dalam pelaksanaan penertiban modifikasi kendaraan bermotor (odong-odong) sebagai alat transportasi lalu lintas untuk mewujudkan keselamatan di Kabupaten Pati. Metode pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Dalam hal pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara deskriftif kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Hasil penelitian, dapat ditunjukkan bahwa pelaksanaan penertiban modifikasi kendaraan bermotor odong-odong di Kabupaten Pati tidak bisa terlepas dari dua komponen yang saling berhubungan. Komponen pertama adalah Penegak Hukum yaitu Satuan Lalu Lintas Polisi Resort Pati dan Dinas Perhubungan Kabupaten Pati. Komponen kedua adalah masyarakat yaitu pemilik dan pengguna odong-odong. Kendala dalam pelaksanaan penertiban kendaraan bermotor ( odong-odong ) di Kabupaten Pati yaitu, belum adanya aturan khusus odong-odong, pengoperasian odong-odong dilakukan secara sembunyi-sembunyi, sarana dan fasilitas yang belum mendukung, kurangnya kesadaran masyarakat dan adanya bengkel modifikasi untuk membuat odong-odong. Upaya yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan penertiban kendaraan bermotor ( odong-odong ) di Kabupaten Pati yaitu, pembuatan aturan khusus yang mengatur tentang kendaraan modifikasi odong-odong, penindakan berupa sangsi tilang dan pembinaan oleh kepolisian, pemberian sarana dan fasilitas yang mendukung penertiban odong-odong di Kabupaten Pati, memberikan himbauan penyuluhan pada masyarakat bahwa odong-odong tidak memenuhi kelaikan jalan, penggrebekan bengkel modifikasi kendaraan bermotor yang melakukan modifikasi kendaraan menjadi odong-odong dan mewajibkan kendaraan odong-odong melakukan uji tipe dan uji berkala sehingga menjamin keselamatan secara teknis kendaraan dan menentukan kendaraan tersebut laik jalan atau tidak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Kristiyanto, S.H., M.H. 2. Lidya Christina Wardhani,S.H,M.H,M.Kn.
Kata Kunci: Penertiban Kendaraan Bermotor, Modifikasi Kendaraan Bermotor, Keselamatan Alat Transportasi.
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Kemanan publik
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 May 2022 19:48
Last Modified: 13 May 2022 19:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16641

Actions (login required)

View Item View Item