Pelaksanaan perjanjian kerja antara pekerja migran indonesia dengan agen penyalur penempatan pekerja migran indonesia di pt pelita karya juhari pati

NUGROHO, IIS KUMARIA (2022) Pelaksanaan perjanjian kerja antara pekerja migran indonesia dengan agen penyalur penempatan pekerja migran indonesia di pt pelita karya juhari pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftarv Pustaka]
Preview
Text (Daftarv Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul “PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJA ANTARA PEKERJA MIGRAN DENGAN AGEN PENYALUR PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI PT PELITA KARYA JUHARI PATI” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui alasan-alasan dari pekerja migran tidak melaksanakan prestasi sesuai dalam perjanjian kerja, untuk mengetahui bagaimana penyelesaian pekerja migran indonesia melakukan wanprestasi terhadap perjanjian kerja di Pt Pelita Karya Juhari Pati. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Dalam hal tehnik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer sebagai data utama dan data sekunder sebagai data pendukung yaitu selain sebagai data yang diperoleh dari lapangan digunakan juga data kepustakaan dari literatur yang berisi tentang teori-teori, pendapat para ahli dan lain-lain yang berhubungan dengan pokok-pokok permasalahan, yang digunakan sebagai landasan pemikiran yang bersifat teoritis. Setelah data diperoleh, makadisusun secra sistematis.Selanjutnya data diperoleh, disusun secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Hasil penelitian dari Pt Pelita Karya Juhari Pati bahwa alasan-alasan pekerja migran tidak melaksanakan prestasi sesuai perjanjian kerja dikarenakan seseorang mengalami tekanan stres karna ekonomi, sosial maupun psikologi di tempat ia berada, terjadinya perbedaan nilai kefaidahan wilayah antara tempat yang satu dengan tempat yang lain, pura-pura sakit, hingga melakukan perbuatan yang tidak bisa di toleransi lagi yaitu memakai barang-barang majikan tanpa ijin, sedangkan dari pihak PMI menyatakan adanya kehamilan yang tidak di ketahui saat mendaftar menjadi PMI setelah pernikahan resmi, sehingga tidak bisa melaksanakan prestasi sesuai perjanjian kerja. Upaya PT Pelita Karya Juhari Pati dalam hal penyelesaian adanya wanprestasi oleh pekerja migran adalah melalui nonlitigasi (negoisasi) dengan musyawarah tanpa melibatkan pihak luar, Perusahaan mengupayakan jalan keluar yang terbaik untuk menyelesaikan masalah wanprestasi supaya tidak memberatkan pihak kedua, Perusahaan memberikan kelonggaran waktu untuk bisa membayar ganti rugi tersebut dengan cara mengangsur atau memberikan anggunan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Suparnyo, SH, M.S 2. Muhammad Ali Aladuniyah, S.sy, MH
Kata Kunci: Perjanjian Kerja, Pekerja Migran, P3PMI
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Layanan publik. Petugas pemerintah. Pegawai negeri sipil.
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum publik
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 May 2022 19:20
Last Modified: 16 May 2022 19:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16667

Actions (login required)

View Item View Item