SOFIYA, DAVINA ADI (2022) Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas v sd 01 pringtulis. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (314kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (228kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (117kB) | Preview |
Abstrak
Motivasi adalah dasar atau dorangan yang timbul dalam diri seseorang yang dilakukan secara sadar atau pun tidak untuk mencapai tujuan tertentu. Siswa yang memiliki motivasi yang tinggi maka akan tampak bersemangat dan aktif dalam melakukan kegiatan belajar. Hal tersebut terjadi karena siswa memiliki dorongan dan arah tujuan guna mencapai cita-cita yang ingin diwujudkan. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada diri siswa berupa keberhasilan siswa dalam mempelajari dan menguasi pelajaran yang ditunjukan dalam bentuk angka dengan menitik beratkan pada pemahaman materi pelajaran yang telah diterima dari proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di Desa Pringtulis Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pringtulis Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara dengan subjek penelitian 12 siswa. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif. Uji asumsi dalam penelitian ini adalah uji normalitas , dan uji linearitas. Sedangkan untuk uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Pearson Product Moment dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian dari penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan yaitu tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas V di SD 01 Pringtulis Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan t hitung < t tabel (-1,274 < 2.22814) dan nilai signifikansi lebih dari 0,05 (0,000 > 0.05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Imaniar Purbasari, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Deka Setiawan, M.Pd. |
Kata Kunci: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 20:18 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 20:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17207 |
Actions (login required)
View Item |