SALSABILA, SALMA NAFISA (2022) Analisis perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas vi sdn 2 gondoharum. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (539kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (930kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (343kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perhatian orang tua dari informan siswa kelas VI SDN 2 Gondoharum, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, dengan rumusan masalah bentuk perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dan faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas VI di SDN 2 Gondoharum. Penelitian ini membahas mengenai perhatian orang tua terhadap prestasi belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bentuk-bentuk perhatian orang tua terhadap prestasi belajar dalam proses belajar yang dapat membantu dan mempengaruhi anak dalam pencapaian prestasi belajar seperti memberikan bimbingan, pengawasan terhadap belajar, pemberian penghargaan dan hukuman, pemenuhan kebutuhan belajar, penciptaan suasana belajar yang nyaman, dan memperhatikan kesehatan anak. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar meliputi jasmaniah, kecerdasan, perhatian, minat, motivasi, kesiapan, kematangan, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode atau pendekatan fenomenologi. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Gondoharum dengan subyek penelitian guru, orang tua, 3 siswa kelas VI yang memiliki kriteria prestasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan teknik analisis data yang digunakan penulis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bentuk perhatian orang tua pada siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi yang diberikan baik, pada siswa yang memiliki prestasi belajar sedang yang diberikan baik, pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah yang diberikan kurang baik. Adapun faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain pada kecerdasan, minat, kematangan, dan lingkungan keluarga selain itu guru dan suasana belajar di kelas. Penelitian ini hendaknya orang tua lebih memperhatikan anak dalam membimbing, mengawasi dan menjadi teladan yang baik, guru senantiasa menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan media pembelajaran yang interaktif, dan siswa agar lebih sadar dan termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajar supaya lebik baik dan optimal dari prestasi belajar sebelumnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Sumaji,S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 19:37 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 19:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17246 |
Actions (login required)
View Item |