Pengembangan bahan ajar hypermedia berbasis kearifan lokal jepara dengan model quantum teaching tema 8 daerah tempat tinggalku pada siswa kelas iv sd di kecamatan pecangaan kabupaten jepara

Hidayah, Nurul (2022) Pengembangan bahan ajar hypermedia berbasis kearifan lokal jepara dengan model quantum teaching tema 8 daerah tempat tinggalku pada siswa kelas iv sd di kecamatan pecangaan kabupaten jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar, membuat desain bahan ajar, menganalisis kelayakan bahan ajar, dan menganalisis keefektifan kebutuhan bahan ajar hypermedia berbasis kearifan lokal Jepara dengan model quantum teaching tema 8 daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV SD. Pengembangan bahan ajar diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif bagi siswa kelas IV SD di Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Metode penelitian menggunakan R&D (Research and Development). Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar hypermedia berbasis kearifan lokal Jepara dengan model quantum teaching. Langkah penelitian dan pengembangan mengacu Borg and Gall yang terdapat 10 langkah. Tetapi dalam penelitian pengembangan menggunakan tujuh langkah, yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Penelitian dilakukan dengan menganalisis bahan ajar, pengembangan desain bahan ajar, kelayakan bahan ajar, dan efektifitas penggunaan bahan ajar. Data didapat dari wawancara, angket, dan tes. Data dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor. Data keefektifan bahan ajar dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian dan pengembangan yaitu bahan ajar hypermedia berbasis kearifan lokal Jepara dengan model quantum teaching. Produk dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan guru kelas IV di tiga SD Gugus Kartini Pecangaan Jepara. Produk ini terbukti layak karena jumlah skor yang diperoleh validator bahan ajar, materi dan praktisi masing-masing 90,63; 90,27, dan 90,25 kriteria “sangat layak”. Hasil respon dari siswa sebesar 88,89% dan respon guru di tiga SD dengan rata-rata sebesar 88,24% dengan kategori produk “sangat layak”. Penggunaan produk ini efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase prettest pada kelas kontrol dan eksperimen hampir sama, yaitu 67,29 dan 64,71. Setelah diberikan perlakuan, rata-rata posttest kelas kontrol dan eksperimen meningkat menjadi 75,53 dan 89,41. Hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 6,045 dengan taraf signifikansi 0,000< α = 0,05. Pengembangan bahan ajar hypermedia berbasis kearifan lokal Jepara dengan model quantum teaching terbukti sesuai kebutuhan, layak dan efektif. Bahan ajar ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa keals IV di sekolah dasar di Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Su’ad, M.Pd., Dosen Pembimbing : 2.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A
Kata Kunci: bahan ajar hypermedia, kearifan lokal Jepara, quantum teaching
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 18:20
Last Modified: 15 Dec 2022 18:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17273

Actions (login required)

View Item View Item