Pengembangan komik digital berbasis flipbook untuk siswa kelas v sekolah dasar Di kecamatan pati kabupaten pati

Kibtiyah, Asna Mariatul (2022) Pengembangan komik digital berbasis flipbook untuk siswa kelas v sekolah dasar Di kecamatan pati kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, mendeskripsikan desain pengembangan, membuktikan kelayakan serta membuktikan keefektifan media komik digital berbasis flipbook untuk siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Menurut Devista & Kadafi (2021:36) komik digital sebagai sebuah media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan. Pertama nuansa yang penuh ceria serta objek-objek atau karakter dalam komik yang banyak akan membuat peserta didik tertarik sehinggaa dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam memperhatikan pemaparan materi dari tenaga pendidik. Kedua, visualisasi komik digital yang baik berdampak pada keberhasilan peserta didik dalam menyerap materi pembelajaran. Ketiga, media komik digital dianggap cocok untuk peserta didik yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditori. Keempat, komik digital dapat menjadi sebuah solusi ketika siswa jenuh dengan suasana pembelajaran yang berlangsung di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan model Borg and Gall yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis flipbook dengan memperhatikan tiga aspek kualitas yaitu valid, praktis dan efektif. Teknik pengumpulan data kualitatif melalui dokumentasi, wawancara dan observasi, sedagkan teknik pengumpulkan data kuantitatif melalui tes dan angket. Analisis data berupa data awal sebelum penelitian, data proses pengembangan produk, data kelayakan produk serta data keefektifan media pembelajaran komik digital berbasis flipbook. Berdasarkan hasil wawancara, kuesioner, dan observasi yang dilakukan, disimpulkan bahwa tingkat kebutuhan media pembelajaran IPS berupa komik digital berbasis flipbook cukup tinggi. Berikutnya, dalam mendesain komik digital berbasis flipbook melalui aplikasi sparkol terdapat beberapa tahapan yang dilalui yang terdiri atas : 1) Masuk ke aplikasi sparkol videoscribe; 2) Berkreasi dan mendesain komik digital dengan bantuan aplikasi sparkol videoscribe sekaligus melakukan voice over berdasarkan storyline yang sudah dibuat; 3) mendesain buku menggunakan adobe photoshop; 4) membuat komik digital menjadi berbentuk buku dengan bantuan aplikasi flipbook bernama pdf pro; 5) komik digital yang sudah berbentuk flipbook diubah menjadi bentuk aplikasi android dengan bantuan website 2 apk builder; 6) komik digital juga dibuat dalam bentuk portabel agar dapat digunakan melalui PC atau laptop. Berikutnya, kor rata-rata keseluruhan validasi dari ahli bahasa, materi, dan media berturut-turut adalah 3,31, 3,48 dan 3,39 dimana ketiganya termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Kelayakan juga didukung dari hasil angket respon siswa dan guru yang menunjukkan skor rata-rata 3,31 dan 3,25 dengan kriteria “Sangat Baik” dan “Baik”. Penggunaan komik digital berbasis flipbook efektif dalam untuk membantu siswa memahami konsep peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Pati Kabupaten Pati berdasarkan hasil Paired Sample T-test < 0,05 yakni 0,049 dan 0,048, yang dikuatkan dengan hasil Independent Sample T-test < 0,05 yakni 0,004 dan 0,011.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Dra. Sri Surachmi W. M.Pd., Dosen Pembimbing : 2.Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: Komik Digital Berbasis Flipbook, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS SD.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 18:32
Last Modified: 15 Dec 2022 18:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17275

Actions (login required)

View Item View Item