Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp ditinjau dari gaya kognitif

Nuril Ulya, Melylinda Fatihatun (2022) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp ditinjau dari gaya kognitif. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah juga bisa disebabkan oleh pemikiran siswa bahwa pelajaran matematika itu sulit dan menyeramkan, siswa cenderung menghafal konsep matematika dan definisi tanpa memahami maksud soalnya. Kemampuan pemecahan masalah dan gaya kognitif mempunyai keterkaitan karena saat memecahkan masalah matematis siswa dipengaruhi oleh kecenderungan dalam proses informasi (menerima, mengingat, berpikir, dan memecahkan masalah) atau bisa disebut gaya kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif- impulsif. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada kelas 7D SMP Negeri 3 Bae. Subjek yang diambil yaitu 8 siswa dengan dua siswa bergaya kognitif reflektif, dua siswa bergaya kognitif impulsif, dua siswa bergaya kognitif slow inaccurate, dan dua siswa bergaya kognitif fast accurate. Pemilihan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Tahapan dalam penelitian ini ialah dari studi pendahuluan, pemberian tes Matching Familiar Figure Test (MFFT), pelaksanaan tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara, analisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes MFFT, tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif dan fast accurate mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu (memahami masalah, merencanakan masalah, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali) dalam menjawab soal cerita. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif dan slow inaccurate hanya memenuhi 2 indikator kemampuan pemecahan masalah (memahami masalah dan merencanakan masalah), sedangkan untuk indikator menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali subjek tidak dapat menyelesaikan dengan baik dan tidak dapat memberikan kesimpulan yang benar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Sumaji S.Pd. M.,Pd Dosen Pembimbing 2. Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis; Gaya Kognitif; Reflektif Impulsif, Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 19:28
Last Modified: 20 Dec 2022 22:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17381

Actions (login required)

View Item View Item