WATI, HESTY BASTIKA (2022) Pengembangan media pembelajaran scrabotikal dalam meningkatkan kecerdasan naturalistik siswa Kelas iv sd negeri 2 gunem. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (808kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (224kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (139kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini, yaitu menganalisis validitas scrabotikal dalam meningkatkan kecerdasan naturalistik siswa kelas IV SD Negeri 2 Gunem dan menguji keefektivan media scrabotikal untuk meningkatkan kecerdasan naturalistik siswa kelas IV SD Negeri 2 Gunem. Scrapbook juga bisa dikembangkan menjadi suatu media pembelajaran berbasis kearifan lokal yaitu scrabotikal. Scrabotikal merupakan akronim dari scrapbook tematik berbasis kearifan lokal. Scrabotikal merupakan gabungan dari macam-macam foto atau gambar-gambar serta materi pembelajaran dan disusun secara menarik dan kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Adapun uji coba produk diujicobakan pada uji coba skala terbatas dengan 6 siswa yang diambil dari 20% jumlah siswa keseluruhan dan skala luas menggunakan seluruh siswa kelas IV atau sebanyak 28 siswa. Teknik dan instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan catatan insedental. Analisis data terdiri dari analisis data kuantitatif yang meliputi validitas, hasil tes kecerdasan naturalistik dan uji keefektivan yang terdiri dari uji normalitas, uji paired sample T-test, dan N-Gain. Sedangkan analisis kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Validasi untuk mengetahui kelayakan scrabotikal meliputi validasi isi atau materi, validasi kepraktisan, dan validasi media scrabotikal. Hasil validasi isi diperoleh rata-rata sebesar 93,33% dengan katagori sangat layak. Validasi kepraktisan diperoleh skor rata-rata sebesar 94,16% sehingga dikatagorikan sangat layak. Serta pada validasi media diperoleh rata-rata sebesar 93,12% dengan katagori sangat layak. Uji keefektivan meliputi uji normalitas dan data yang diperoleh berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji paired sample T-test, nilai signifikansi atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Serta dilanjutkan dengan perhitungan menggunakan N-gain skor, diperoleh data bahwa 0, 3276 <0,7 sehingga diketahui bahwa N-gain skor katagori sedang. Media scrabotikal termasuk dalam katagori sangat layak sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kecerdasan naturalistik siswa melalui hasil nilai validasi yang diperoleh dari para ahli. Selain itu tingkat efektivitas media scrabotikal dalam meningkatkan kecerdasan naturalistik siswa kelas IV SD Negeri 2 Gunem katagori sedang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Siti Masfuah, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or. |
Kata Kunci: | Scrabotikal, Kearifan Lokal, Kecerdasan Naturalistik |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 19:58 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 19:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17393 |
Actions (login required)
View Item |