Fakhrana, Nur Anisa (2022) Efektifitas modul digital interaktif bernuansa budaya jawa untuk menurunkan kecemasan matematika pada siswa diskalkulia. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (979kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (23MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas modul digital interaktif bernuansa budaya jawa dalam menurunkan kecemasan matematika pada siswa diskalkulia. Metode yang digunakan adalah quasi – experimental without control group menggunakan desain One Group Pretest – Posttest. Subjek diambil menggunakan teknik purpose sampling dengan kriteria diskalkulia berdasarkan hasil skrining diskalkulia dan assesmen WISC pada aspek berhitung. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 26 siswa kelas lima dari 5 sekolah yang berbeda. Penerapan metode dilakukan selama lima sesi pertemuan dengan estimasi waktu 1,5 jam. Materi dalam modul digital interaktif adalah statistika bagi siswa sekolah dasar. Intrumen ukur yang digunakan adalah skala kecemasan matematika yang dilakukan uji coba terhadap 31 siswa dengan kriteria yang hampir sama. Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien beda dengan t = 6,622 dengan p > 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kecemasan matematika sebelum dengan sesudah intervensi modul pembelajaran digital interaktif bernuansa budaya Jawa pada siswa diskalkulia.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Latifah Nur Ahyani, S.Psi.,M.A. |
Kata Kunci: | Kecemasan matematika, modul pembelajaran digital interaktif, budaya jawa, diskalkulia |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 19:05 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 19:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17629 |
Actions (login required)
View Item |