Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning STAD dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD 1 Jekulo Kudus. Tahun Pelajaran 2012/2013

Fatihannisa, Fadhilah (2013) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning STAD dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD 1 Jekulo Kudus. Tahun Pelajaran 2012/2013. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (799kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Bab_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (85kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bermula dari permasalahan pembelajaran IPS di kelas IV SD 1 Jekulo yang terlihat bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih di bawah KKM yaitu 70. Keaktifan siswa masih kurang terlihat dengan indikasi siswa cenderung individual, siswa yang pandai terlihat aktif, sedangkan siswa yang kurang pandai terlihat pasif. Berdasarkan permasalahan inilah, peneliti menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning STAD dengan tujuan (1) mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran Cooperative Learning Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS, (2) mengkaji implementasi model pembelajaran Cooperative Learning Student Teams Achievement Divisons (STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS, (3) menganalisis hasil evaluasi model pembelajaran Cooperative Learning Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. Dalam penelitian ini penelitian ini IPS merupakan mata pelajaran yang mempelajari tentang keadaan masyarakat yang cepat berkembang. Selain itu bahwa IPS sebagai program pendidikan yang tidak hanya menyajikan pengetahuan sosial, melainkan membina siswa menjadi warga negara yang yang memiliki tanggungjawab atas kesejahteraan bersama. Model pembelajaran Cooperative Learning STAD digunakan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran IPS siswa kelas IV SD 1 Jekulo Kudus. Keunggulan dari model pembelajaran Cooperative Learning STAD ini ialah memberikan kesempatan kepada seluruh siswa, bagi yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi, sedang, maupun rendah untuk mengungkapkan gagasan/pendapat, serta berlomba-lomba mendapatkan nilai yang memuaskan saat mengerjakan pretes dan kuis yang hasilnya nanti akan dicari selisihnya dan akan menjadi nilai kelompok kemudian dikategorikan menjadi 3 kelompok terbaik dan mendapat rewards. Hipotesis tindakan yang peneliti ajukan adalah adanya peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar IPS siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Cooperative Learning STAD pada siswa kelas IV SD 1 Jekulo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Jekulo Kudus dengan subjek penelitian berjumlah 46 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus meliputi empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning STAD dapat meningkatkan keterampilan guru (peneliti), keaktifan siswa, keaktifan kelompok dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada siklus I hasil dari observasi keterampilan guru mencapai persentase 77% dengan klasifikasi baik (berhasil) dan pada siklus II meningkat mencapai persentase 88% dengan klasifikasi sangat baik (berhasil), hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I mencapai persentase 77% dengan klasifikasi tinggi dan meningkat pada siklus II menjadi 81% dengan klasifikasi sangat tinggi, hasil observasi keaktifan kelompok pada siklus I mencapai persentase 75% dengan klasifikasi tinggi dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 85% dengan klasifikasi sangat tinggi, hasil belajar pada siklus I mencapai ketuntasan 78% dan meningkat pada siklus II menjadi 93%. Adapun saran peneliti dalam penelitian tindakan kelas ini, yaitu: 1. Siswa menjadi semangat dalam pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi. 2. Guru perlu meningkatkan sikap yang inovatif, agar pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan. 3. Orangtua lebih memahami usia matang anak untuk masuk sekolah dasar, dan memilihkan sekolah yang sesuai kemampuan anak. 4. Peneliti selanjutnya dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran ke depannya dengan lebih baik lagi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Drs.Sucipto,M.Pd.Kons. dan Pembimbing II Ika Oktavianti,M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: Model Pembelajaran, Prestasi Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 06 Nov 2013 08:00
Last Modified: 06 Nov 2013 08:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item