Analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap tanggung jawab belajar anak kelas 4 sd negeri koripandriyo gabus pati pada masa pandemi covid-19

CHARISMA, FITRIA PUTRI (2022) Analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap tanggung jawab belajar anak kelas 4 sd negeri koripandriyo gabus pati pada masa pandemi covid-19. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: Pertama, untuk menganalisis pola asuh orang tua siswa terhadap tanggung jawab belajar anak kelas 4 SD Negeri Koripandriyo pada masa pandemi covid-19. Kedua, untuk menganalisis dampak pola asuh orang tua terhadap tanggung jawab belajar anak kelas 4 SD Negeri Koripandriyo pada masa pandemi covid-19. Terdapat tiga jenis pola asuh, yaitu meliputi pola asuh permisif, demokratif, otoritatif. Sedangkan sikap tanggung jawab belajar merupakan sikapmau melaksanakan tugas belajar. Pola asuh yang positif akan membentuk sikap tanggung jawab belajar yang tinggi pada anak. Pola asuh merupakan proses menjadi orang tua, orang tua akan memberikan bantuan dalam segala aspek kehidupan anak termasuk kebutuhan, hiburan, dan yang terpenting adalah pendidikan. Tipe dalam pola asuh orang tua yakni (1) pola demokratis, (2) pola otoriter, dan (3) pola permisif. Tanggung jawab merupakan suatu sikap yang menuntut siswa untuk menanggung resiko atas segala tindakan dan ucapannya yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, bertempat di SD Negeri Koripandriyo, yang berada di Desa Koripandriyo Kecamatan Gabus Kabupaten Pati dengan subjek penelitian anak dan orang tuakelas 4. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Bahwa bentuk pola asuh orang tua siswa kelas 4 SD Negeri Koripandriyo pada masa pandemi Covid-19 ada tiga, yakni otoriter, demokratis, dan permisif. Tercatat, dari 25 siswa, terdapat 1 berpola asuh otoriter, 20 berpola asuh demokratis, dan 4 berpola asuh permisif.Orang tua berpola asuh otoriter melakukan 5 atau lebih dari sembilan indikator pola asuh otoriter. Orang tua berpola asuh demokratis melakukan 6 atau lebih dari sebelas indikator pola asuh demokratis. Orang tua berpola asuh permisif melakukan 6 atau lebih dari sepuluh indikator pola asuh permisif. Kesimpulan penelitian ini yakni orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis menyebabkan anak memiliki sikap tanggung jawab belajar yang baik, orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter menyebabkan anak memiliki sikap tanggung jawab belajar yang rendah, dan orang tua yang menerapkan pola asuh permisif menyebabkan anak memiliki sikap tanggung jawab belajar yang cukup baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A 2. Dr.Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: pola asuh orang tua, tanggung jawab belajar, pandemi covid-19.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Jan 2023 19:01
Last Modified: 15 Jan 2023 18:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18110

Actions (login required)

View Item View Item