Amalia, Khusnu (2023) KONSELING BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA PADA SISWA MTS SABILUL ULUM. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (879kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (270kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (199kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Meningkatkan literasi membaca memang sangat penting yang paling utama pada siswa sekolah, dimana siswa harus membaca materi pembelajaran dengan baik supaya mendapatkan pelajaran yang bermanfaat. Namun kenyataannya di MTs. Sabilul Ulum Mayong masih ada siswa yang masih kurang dalam literasi membacanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya literasi membaca pada siswa MTs Sabilul Ulum Mayong dan membantu siswa meningkatkan literasi membaca melalui konseling behavioristic dengan teknik behavior contract. Konseling Behavioristik dengan teknik behavior contract merupakan terapi tingkah laku kearah yang lebih baik dengan penguatan kontrak yang telah disepakati oleh konseli, guna meningkatkan literasi membaca pada siswa. Literasi membaca merupakan memahami makna dari suatu bacaan dengan cara membaca dan memahami. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subyek pada penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah siswa MTs Sabilul Ulum yang kurang dalam literasi membacanya, diantaranya tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, hanya absen saja dan tidak mengikuti jalannya pembelajaran, tidak mengumpulkan tugas, dan lain-lain. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diketahui faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya literasi membaca siswa MTs Sabilul Ulum Mayong yaitu faktor intrinsic dan ekstrinsik. Faktor intrinsic yang menjadi penyebab kurangnya literasi membaca siswa MTs. Sabilul Ulum Mayong adalah kurang sukanya membaca dengan tulisan yang panjang-panjang dan tidak ada gambar yang menarik. Sedangkan faktor ekstrinsik yang menyebabkan kurangnya literasi membaca siswa MTs Sabilul Ulum Mayong adalah lingkungan tempat tinggal dan keluarga. Setelah dilakukan konseling behavioristik dengan teknik behavior contract sebanyak tiga kali pertemuan, dapat dilihat adanya peningkatan literasi membaca siswa MTs Sabilul Ulum Mayong. Hal ini terlihat dari perilaku kedua konseli yang sudah mulai mengikuti jalannya pembelajaran dengan baik, sudah mau untuk mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa literasi membaca siswa MTs Sabilul Ulum Mayong dapat ditingkatkan melalui konseling behavioristik dengan teknik behavior contract. Oleh karena itu, guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat menerapkan konseling behavioristic dengan teknik behavior contract untuk meningkatkan literasi membaca siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Richma Hidayati,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Arista Kiswantoro,M.Pd |
Kata Kunci: | Konseling Behavioristik, Teknik Behavior Contract, Literasi Membaca. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 18:30 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 20:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18811 |
Actions (login required)
View Item |