Pengaruh model pembelajaran numbered head together (nht) dengan media e-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self responsibility siswa

SARI, LIA PERMATA (2023) Pengaruh model pembelajaran numbered head together (nht) dengan media e-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self responsibility siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (736kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

lebih mata pelajaran yang dapat membangun wawasan yang lebih luas sesuai dengan perkembangan peserta didik. Mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat pengorganisasian dan penemuan informasi pengetahuan, akan membantu siswa untuk menghasilkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam berpikir. Siswa sangat membutuhkan kemampuan pemecahan masalah, karena melalui hal tersebut, siswa dilatih untuk dapat bersikap mandiri dalam menemukan pemecahan suatu masalah serta berbagai pengetahuan yang menyertainya, untuk dapat menghasilkan pengetahuan yang benar-benar bermakna. Model NHT adalah model pembelajaran kooperatif yang dapat melatih siswa untuk dapat bertanggung jawab baik secara individu maupun kelompok agar dapat memahami materi yang dipelajari, sehingga siswa akan berperan secara aktif selama pembelajaran berlangsung. Pembelajaran E-Learning mencakup suatu sistem yang diharapkan dapat menambah inovasi baru dalam merancang strategi pembelajaran di masa kini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre experimental dengan desain the one group pretest posttest yang dilaksanakan di kelas V SD 5 Bae. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model NHT dengan media E-Learning, sedangkan variable terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah dan self responsibility siswa. Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas V SD 5 Bae yang juga bertindak sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik purposive sampling yang termasuk teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi angket, dokumentasi, tes. Instrument yang digunakan berupa lembar angket self responsibility dan soal tes tertulis untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan paired sample t test dan uji n-gain score. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah diterapkan model NHT dengan media E-Learning, (2) terdapat perbedaan rata-rata self responsibility sebelum dan sesudah diterapkan model NHT dengan media E-Learning, (3) kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan dengan kategori sedang sebesar 52,66%, (4) Self responsibility mengalami peningkatan dengan kategori tinggi sebesar 87,77% melalui penerapan model NHT dengan media E-Learning. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model NHT dengan media E-Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self responsibility siswa kelas V SD 5 Bae. Saran dalam penelitian ini agar terdapat pengembangan media penelitian pada penelitian lebih lanjut.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Sekar Dwi Ardianti, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Savitri Wanabuliandri, M.Pd
Kata Kunci: E-Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Responsibility, Model NHT.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jul 2023 00:09
Last Modified: 27 Jul 2023 00:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18877

Actions (login required)

View Item View Item