NIāAMAH, AGIS LESTARI FATUJIATIN (2023) Analisis lingkungan belajar siswa kelas 4 sd gembong 02 ditinjau dari teori behavioristik. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (467kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (651kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (447kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku belajar siswa ditinjau dari lingkungan belajar. Latar belakang terdapat perilaku siswa yang ketika diberi pelajaran dan mendapatkan tugas, sebagian dari mereka tidak mengerjakannya dan justru asyik berbicara sendiri, Hal ini yang menjadi landasan peneliti akan menganalisis perilaku belajar siswa ditinjau dari lingkungan belajarnya. Perilaku adalah segenap manifestasi hayati individu dalam berinteraksi dengan lingkungan, mulai dari perilaku yang paling nampak sampai yang tidak tampak, dari yang dirasakan sampai paling yang tidak dirasakan. Jenis- jenis perilaku yakni, Perilaku sadar, perilaku yang melalui kerja otak dan pusat susunan saraf, Perilaku tak sadar, perilaku yang spontan atau instingtif, Perilaku tampak dan tidak tampak, Perilaku sederhana dan kompleks, Perilaku kognitif, afektif, konatif, dan psikomotor. Lingkungan belajar merupakan sarana bagi siswa untuk beraktivitas, berkreasi dan melakukan banyak hal hingga memeroleh perubahan perilaku dari kegiatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian naratif kualitatif yang dilaksanakan di SDN Gembong 02 karena di SDN Gembong 02 terdapat perilaku siswa yang kurang baik akibat dari lingkungan belajar. Subjek penelitian terdiri dari guru dan 4 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa lingkungan belajar akan menunjukkan perilaku belajar siswa. Lingkungan belajar siswa kelas 4 SD Gembong 02 berpusat pada guru dan teman sebaya. Guru yang aktif memperhatikan siswanya, cenderung anaknya pun akan aktif dalam proses belajar mengajar. Sedangkan, guru yang kurang aktif dalam memperhatikan siswanya, cenderung siswa kurang aktif dalam proses belajar yang menyebabkan siswa merasa bosan. Siswa merasa lebih senang dan antusias mengikuti pembelajaran ketika siswa belajar dengan berkelompok. Ketika berkelompok, kerjasama dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas agar siswa dapat melakukan kerja kelompok dengan baik. Dalam mengerjakan tugas siswa dapat berinteraksi dengan temannya dan melakukan kerjasama sehingga dapat merangsang kemampuan siswa dalam berperilaku baik dalam pembelajaran. Lingkungan belajar yang menyenangkan akan merangsang anak untuk menunjukkan perilaku belajar yang baik, sebaliknya lingkungan yang kurang menyenangkan akan merangsang anak untuk menunjukkan perilaku belajar yang kurang baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Siti Masfuah, S.Pd.,M.Pd. DOSEN PEMBIMBING II : Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Lingkungan Belajar, Perilaku Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 19:50 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 19:50 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18896 |
Actions (login required)
View Item |