SULISTIYOWATI, SULISTIYOWATI (2023) Resiliensi remaja yang menjadi korban bullying. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (577kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (371kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (497kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
Abstrak
Resiliensi ialah kemampuan untuk menghadapi penderitaan. Setiap individu idealnya memiliki kemampuan ini untuk menjalani kehidupannya, termasuk remaja yang menjadi korban bullying. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek-aspek resiliensi remaja yang menjadi korban bullying. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Informan dari penelitian ini adalah remaja yang pernah atau menjadi korban bullying. Data yang diperoleh telah diuji keabsahannya dengan menggunakan metode triangulasi, coding dan dianalisis menggunakan teori resiliensi. Terdapat tujuh aspek resiliensi yaitu, Regulasi emosi, Pengendalian dorongan, Analisis kausal, Efikasi diri, Realistis dan Optimis, Empati serta Keterjangkauan. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah regulasi emosi informan I merasa informan mampu untuk mengontrol emosinya, sedangkan informan II, dan III sulit untuk mengendalikan atau mengontrol emosi. Informan I sulit untuk mengendalikan dirinya untuk tidak membalas pelaku bullying, informan II dan III sulit untuk mengendalikan emosinya. Analisis kausal pada informan I, II dan III yaitu belum mampu menemukan penyebab masalahnya menjadi korban bullying. Informan I, II dan III merasa belum yakin sepenuhnya akan dirinya sendiri, informan masih ragu akan aspek efikasi diri atau keyakinan dirinya dalam menghadapi suatu masalah. Aspek Realistis dan optimis informan I, II dan III, membuat informan belum mampu menyelesaikan masalah. Aspek Rasa empati dimiliki oleh informan I, II dan III seperti menolong orang lain saat mengalami kesusahan, dan aspek keterjangkauan dimiliki ketiga informan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING : Fajar Kawuryan, S.Psi., M.Si |
Kata Kunci: | Remaja, Resiliensi, Bullying |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 01:44 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 01:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19654 |
Actions (login required)
View Item |