Penerapan asas kebebasan berkontrak dalam perjanjian kerja bersama pt. Kanindo makmur jaya dengan serikat pekerja tingkat perusahaan (sptp)

MUCHAROM, RAMA JATI (2023) Penerapan asas kebebasan berkontrak dalam perjanjian kerja bersama pt. Kanindo makmur jaya dengan serikat pekerja tingkat perusahaan (sptp). Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HaL. Judul.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstrak

Skripsi dengan judul “Penerapan Asas Kebebasan Berkontrak Dalam Perjanjian Kerja Bersama PT. Kanindo Makmur Jaya Dengan Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan (SPTP)”, secara umum bertujuan untuk mengetahui penerapan asas kebebasan berkontrak dan hambatan-hambatan dalam menerapkan asas kebebasan berkontrak pada PKB PT. Kanindo Makmur Jaya dengan SPTP periode 2021 – 2023. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris dengan teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah itu data disusun secara sistematis dan dianalisa secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PT. Kanindo Makmur Jaya dengan Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan (SPTP) belum sepenuhnya menerapkan asas kebebasan berkontrak sesuai yang diatur pada Pasal 14 ayat (2) Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 28 Tahun 2014 yang menegaskan bahwa perundingan PKB harus didasari itikad baik dan kemauan bebas kedua belah pihak. Makna bebas kedua belah pihak adalah para pihak bebas untuk menentukan isi, berlaku dan syarat-syarat perjanjian. Namun di dalam PKB tersebut belum menerapkan sepenuhnya dengan itikad baik sehingga terdapat peraturan yang bertentangan dengan Undang-Undang, hal tersebut terlihat dari salah satu pengaturan terkait waktu kerja lembur yang di atur pada Pasal 45 ayat (3) dalam PKB tersebut tidak sesuai dengan Pasal 78 Undang-Undang Ketenagakerjaan sehingga menjadikan pekerja/buruh merasa dirugikan atas hak dan kewajibannya. Hambatan penerapan asas kebebasan berkontrak dalam PKB tersebut yaitu belum adanya tindakan nyata dari Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan (SPTP) dalam memperjuangkan hak karyawan, terutama hal waktu kerja lembur dan kesejahteraan serta sumber daya karyawan yang berpendidikan relatif rendah. Upaya yang akan dilakukan dalam pembuatan PKB PT. Kanindo Makmur Jaya dengan SPTP memberikan pendidikan kepada SPTP guna meningkatkan keterampilannya untuk mengimbangkan peraturan yang termaktub pada PKB tersebut.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Yusuf Istanto, S.H., M.H Muhammad Ali Alladuniah, S.sy., M.H
Kata Kunci: Asas Kebebasan Berkontrak, Perjanjian Kerja
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Yurisprudensi. Teori dan filsafat hukum
Hukum > Hukum agama secara umum. Perbandingan hukum agama > Yurisprudensi. Teori dan filsafat hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 09 Jan 2024 23:51
Last Modified: 09 Jan 2024 23:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19732

Actions (login required)

View Item View Item