ANDIANITO, DELYO (2023) Peningkatkan kedisplinan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik pada siswa sma negeri 3 pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (519kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (254kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan keterampilan peneliti dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik untuk meningkatkan pola hidup sehat pada siswa kelas XSMA NEGERI 3 Pati. 2. Diperolehnya peningkatan kedisiplinan waktu masuk sekolah siswa SMA NEGERI 3 Pati setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik pada siswa kelas X SMA NEGERI 3 Pati. Bimbingan kelompok dapat diartikan sbagai suatu cara memberikan bantuan (pembimbing) kepada individu (siswa) melalui kegiatan kelompok. Teknik modelling simbolik adalah suatu cara penyajian model pembelajaran dalam bentuk penokohan melalui material tertulis, gambar/cerita, rekaman audio atau video, film atau slide yang berpotensi mempengaruhi pengamatnya sehingga mendorong pengamat untuk mencoba/meniru tingkah laku model yang disajikan tersebut. disiplin waktu masuk sekolah adalah perilaku setiap individu untuk bisa menaati aturan dan tata tertib yang ada di sekolah, dan setiap individu juga harus bisa menghargai waktu dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin supaya tercipta kedisiplinan dalam diri individu. Hipotesis penelitian ini adalah 1. Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kedisiplinan waktu masuk sekolah pada siswa kelas X SMA N 3 Pati dan 2. Peningkatan Kedisiplinan waktu masuk sekolah dapat dilakukan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik pada siswa kelas X SMA N 3 Pati Penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Pati dengan subjek penelitian & siswa. Variabel penelitian: variabel terikat adalah peningkatan kedisiplinan waktu masuk sekolah dan variabel bebas adalah bimbingan kelompok dengan tehnik modelling simbolik. Analisis data yang dilakukan dengan tehnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus tedapat 3 kali pertemuan dan setiap pertemuan aktunya 40 menit. Subjek yang diteliti adalah 8 siswa yang kurang memiliki sikap kedisiplinan waktu masuk sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, nilai kedisiplinan masuk sekolah meningkat sebesar 48 dari titik awal pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Skor pra siklus rata-rata sebesar 34 pada kategori Sangat Kurang, 46 poin pada kategori Kurang, dan 70 pada kategori Baik. Fakta bahwa skor tersbeut memenuhi persyaratan minimal untuk komponen kedisiplinan masuk sekolah mengarah pada kesimpulan bahwa penelitian ini cukup.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Indah Lestari, S.Pd., M.Pd, Kons Dosen Pembimbing II: Dr. Santoso, M.Pd |
Kata Kunci: | Bimbingan Kelompok dengan tehnik Modelling Simbolik, Meningkatkan Kedisiplinan Waktu |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 00:29 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 00:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20315 |
Actions (login required)
View Item |