Nuraeni, Wiwin (2023) Analisis motivasi belajar matematika dalam kurikulum merdeka pada siswa kelas iv Di sd negeri karanganyar 1. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version Download (789kB) | Preview |
Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (867kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (789kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BabV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (956kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Kurikulum merdeka telah dilaksanakan di semua sekolah dasar pada siswa kelas IV sesuai dengan kesiapan sekolah yang memberikan kebebasan untuk belajar sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Kemampuan siswa dalam belajar matematika dapat dilihat dari motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan motivasi siswa kelas IV pada pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka di SD Negeri Karanganyar 1, (2) Mendeskripsikan faktor yang menyebabkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas IV dalam kurikulum merdeka di SD Negeri Karanganyar 1. Motivasi merupakan dorongan yang berasal dari dalam atau luar dalam melakukan aktivitas atau kegiatan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang diterapkan di sekolah dasar untuk mengoptimalkan pembelajaran dan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa. Dimensi dalam profil pelajar Pancasila menekankan pada bernalar kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar 1 yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika siswa kelas IV dalam kurikulum merdeka dikategorikan menjadi tiga yaitu tinggi, sedang, dan rendah. T1 dan T2 tinggi memiliki motivasi yang baik dalam belajar matematika. S1 dan S2 memiliki motivasi yang cukup baik kemampuannya belajar matematika, dan R1 dan R2 memiliki motivasi yang rendah dalam belajar matematika. Motivasi dapat disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kemampuan dan kesehatan. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan belajar dan unsur dinamis belajar. Proses pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka harus menekankan dengan profil pelajar Pancasila. Hendaknya guru memberikan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa bernalar kritis dalam belajar matematika.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Diana Ermawati, M.Pd., Dosen Pembimbing II : Lovika Ardana Riswari, M.Pd., |
Kata Kunci: | Kurikulum Merdeka, Matematika, Motivasi Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 23:47 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 23:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20364 |
Actions (login required)
View Item |