ABIDAH, INDAH NURUL (2023) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran ppkn di sd 1 gondosari. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (978kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (360kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (706kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (285kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 menjelaskan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi siswa kelas V SD 1 Gondosari pada pelajaran PPKn, (2) mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD 1 Gondosari pada pelajaran PPKn, (3) untuk mengetahui hambatan-hambatan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD 1 Gondosari pada pelajaran PPKn. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah guru telah melakukan perannya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga siswa memiliki motivasi belajar dengan skala “baik”. Adapun dalam melakukan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa guru dihadapkan pada hambatan-hambatan yaitu dari faktor internal adalah tingkat kecerdasan siswa, kesesuaian minat bakat siswa dan, rendahnya rasa percaya diri siswa. Faktor eksternal adalah dari sekolah yakni jumlah siswa yang tidak ideal, serta faktor keluarga dan masyarakat yang bersikap acuh terhadap kebiasaan belajar anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V di SD 1 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, peneliti dapat memberikan saran sebagai berikut: Pihak sekolah sebaiknya memperhatikan komposisi antara guru dan siswa di dalam kelas. Agar guru dapat memahami karakteristik setiap siswa dengan baik sehingga pembelajaran akan mencapai tujuan dengan maksimal. Dalam menjalankan perannya sebagai motivator sebiaknya guru menjadikan dirinya termotivasi terlebih dahulu agar dapat menjadi motivator yang profesional.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., Dosen Pembimbing II : Santoso, S.Pd., M.Pd., |
Kata Kunci: | Peran Guru, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 00:59 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 00:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20408 |
Actions (login required)
View Item |