SRIWINARTI, ENDANG (2023) Pengembangan modul pendidikan karakter berbasis gelar budaya untuk menumbuhkan sikap nasionalisme di smp kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (964kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (875kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (846kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis kebutuhan modul pendidikan karakter berbasis gelar budaya untuk menumbuhkan sikap nasionalisme, 2) pengembangan modul pendidikan karakter berbasis gelar budaya, 3) menganalisis keefektifan implementasi modul pendidikan karakter berbasis gelar budaya untuk menumbuhkan sikap nasioanalisme, 4) mendiskripsikan dampak penerapan pendidikan karakter berbasis gelar budaya. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII dan guru SMP Kabupaten Pati yang ada di Sub.Rayon 04 Jakenan Pati. Produk dari penelitian dan pengembangan berupa modul tentang pendidikan karakter berbasis gelar budaya untuk menumbuhkan sikap nasionalisme. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data penelitian menggunakan deskriptif kualitatif . Pengembangan modul pendidikan karakter dilakukan dengan langkah-langkah analisis kebutuhan, pengumpulan data penerapan pendidikan karakter, pengembangan modul pendidikan karakter, validasi modul, revisi modul , uji coba penerapan modul dan implemntasi modul pendidikan karakter disekolah-sekolah. Modul dikemas menarik , materi modul sesuai dengan kontennya dan menggunakan Bahasa yang mudah dipahami Hasil penelitian diperoleh 1) data hasil observasi kebutuhan modul terhadap peserta didik rata.rata 2,17% dan data hasil observasi kebutuhan modul terhadap guru sebesar 1,9% 2) kelayakan modul pendidikan karakter berbasis gelar budaya diperoleh dari hasil validasi ahli materi 91% dan hasil validasi ahli modul 90% , 3) keefektifan modul diperolah dari presentase respon siswa rata-rata 85,48% dan respon guru rata-rata 85,13%,. 4) dampak implementasi modul pendidikan karakter berbasis gelar budaya dapat menumbuhkan sikap nasionalisme, diperoleh dari hasil observasi menunjukkan rata-rata karakter peserta didik antara sebelum dan sesudah penggunaan modul mengalami peningkatan yang awalnya 49,64% menjadi 86,43% . Saran dari penelitian ini adalah agar sekolah memperbanyak modul pendidikan karakter berbasis gelar budaya kemudian diiplemenatsikan disekolah untuk menumbuhkan sikap nasionalim
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Fiti Budi Suryani, S.S., M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Gunawan Setiadi, S.IP.,M.Pd |
Kata Kunci: | Modul, Pendidikan Karakter, Gelar Budaya, Sikap Nasionalisme. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 00:29 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 00:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20549 |
Actions (login required)
View Item |