ALFATIKHAH, FADHILAH (2023) The correlation between critical thinking skills and english achievement of the students of sman 1 kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (415kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (202kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
Bab VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (216kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Di abad ke-21, berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting, dan Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang perlu untuk dikuasai. Menurut pengamatan peneliti selama PLP II di kelas X SMA Negeri 1 Kudus, beberapa siswa terlihat memiliki logika yang baik. Mereka tertarik untuk bertanya dan menjawab selama proses pembelajaran, memberikan ide-ide menarik, dan mampu menganalisis fenomena di sekitar mereka. Siswa-siswa ini cenderung memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, karena mereka lebih terlibat dalam pembelajaran dan terbiasa berpikir logis dan efektif. Berdasarkan situasi tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa SMAN 1 Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa SMAN 1 Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan variabel keterampilan berpikir kritis dan prestasi Bahasa Inggris. Peneliti menggunakan teknik cluster-random sampling untuk mendapatkan sampel penelitian di kelas X SMAN 1 Kudus. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah tes kemampuan berpikir kritis yang diadaptasi dari WGCTA dan data nilai PAS Bahasa Inggris siswa kelas X. Analisis korelasi product-moment Pearson menunjukkan nilai rxy sebesar 0,319. Hal ini menunjukkan tingkat korelasi yang rendah. Nilai tcount lebih besar dari ttabel (2,667 > 1,66940) yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Kesimpulannya, ada korelasi yang signifikan dan positif-rendah antara keterampilan berpikir kritis dan prestasi akademik Bahasa Inggris siswa kelas sepuluh SMAN 1 Kudus. Peningkatan kemampuan berpikir kritis akan berdampak pada peningkatan prestasi akademik bahasa Inggris walaupun sedikit.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBIN 1 : Dr. Muh. Syafei, M.P DOSEN PEMBIMBIN 2 : Farid Noor Romadlon, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Keterampilan Berpikir Kritis, Prestasi Bahasa Inggris, Penelitian Korelasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Mar 2024 23:32 |
Last Modified: | 12 Mar 2024 23:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20680 |
Actions (login required)
View Item |