SARI, IRENA RAFIKA (2023) Pengembangan micado (modul berbasis local wisdom) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas v sdn sugihrejo 01. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep matematis siswa disebabkan oleh bahan ajar yang monoton, serta kurangnya inovasi bahan ajar yang menarik minat siswa. Hal tersebut didukung oleh hasil nilai Pre-Test yang dilakukan siswa, dengan 10 soal berdasarkan indikator pemahaman konsep. Bahwasanya memperoleh nilai sebesar 58, 64 dengan nilai KKM 68. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa melelalui MICADO (modul berbasis local wisdom) pada mata muatan Matematika dengan materi bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development), yang akan dilaksanakan di kelas V SDN Sugihrejo 01 dengan subjek penelitian 10 siswa dan guru kelas. Pada penelitian ini menggunakan Model adapatasi dari Sugiyono. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah MICADO (modul berbasis local wisdom), sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, MICADO memperoleh rerata 82, 5% untuk ahli materi dan 95, 93% untuk ahli media. Keduanya memiliki kategori sangat baik. Uji pemakaian skala terbatas (Post-Test), dengan total 10 soal yang di dalamnya memuat indikator pemahaman konsep memperoleh nilai rerata sebesar 82, 7. Bahan ajar MICADO (berbasis local wisdom) memiliki pengaruh pada kemampuan pemahaman konsep siswa. Kemudian keefektifan dari penggunaan MICADO memperoleh kategori efektif atau sedang. Hal tersebut diperoleh dari uji N-gain yang diperoleh sebesar 61%. Angket Respon pada modul memperoleh respon positif dari siswa dan guru kelas V. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar MICADO (modul berbasis local wisdom) cukup efektif pada kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V SDN Sugihrejo 01.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Much Arsyad fardani, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Modul, MICADO, Local Wisdom, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Mar 2024 23:40 |
Last Modified: | 12 Mar 2024 23:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
