ALRASYID, ERICO NOR (2023) Hubungan antara interaksi sosial dan penerimaan diri dengan kohesivitas kelompok pada siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (508kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (175kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara interaksi sosial dan penerimaan diri dengan kohesivitas kelompok pada siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas 8 dan 9 yang ada di SMP di SMP 2 Jekulo dengan jumlah 190 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan skala interaksi sosial, skala penerimaan diri dan skala kohesivitas kelompok. Hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel rxl2y sebesar 0,659 dengan taraf signifikansi p sebesar 0,000 (p < 0,01), sumbangan efektif sebesar 43,5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima, dimana interaksi sosial dan penerimaan diri mempunyai hubungan yang sangat signifikan dengan kohesivitas kelompok. Hasil analisis variabel interaksi sosial dengan kohesivitas kelompok diperoleh rxly sebesar 0,599 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01) besar sumbangan interaksi sosial dengan kohesivitas kelompok 35,8%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara interaksi sosial dengan kohesivitas kelompok pada siswa dengan demikian hipotesis pertama yang diajukan diterima. Hasil analisis variabel penerimaan diri dengan kohesivitas kelompok diperoleh rx2y sebesar 0,574 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01) besar sumbangan penerimaan diri dengan kohesivitas kelompok 33%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara penerimaan diri dengan kohesivitas kelompok pada siswa dengan demikian hipotesis kedua yang diajukan diterima.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: Dr. Trubus Raharjo, S.Psi, M.Si. |
Kata Kunci: | Interaksi Sosial, Kohesivitas Kelompok dan Penerimaan Diri. |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 20:43 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 20:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20757 |
Actions (login required)
View Item |