Muhtadin, Muhtadin (2023) Pengembangan bahan ajar ips berbasis kearifan lokal pada siswa kelas vi sekolah dasar di kecamatan jekulo kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (566kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (180kB) | Preview |
Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (bab 6)
Bab VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (187kB) | Preview |
Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal anyaman Kudusan untuk peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa sekolah dasar di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, (2) merumuskan pengembangan desain pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal anyaman Kudusan untuk peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa sekolah dasar di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, (3) menganalisis keefektifan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal anyaman Kudusan untuk peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa sekolah dasar di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Borg & Gall. Langkah-langkah pengembangan tersebut meliputi: 1) menganalisis kebutuhan di SD; 2) mengembangkan desain awal; 3) validasi dan revisi; 4) uji coba terbatas; 5) uji coba luas; 6) diseminasi. Pelaksanaan uji coba dilakukan pada 31 orang siswa di SD 1 dan 2 Sadang sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa, sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, tes, wawancara. Data hasil validasi dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor. Data keefektifan model bahan ajar IPS berbasis kearifan lokal anyaman Kudusan dianalisis dengan uji gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05 Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan yaitu pada kelompok kontrol, sebanyak 59,4% memiliki kenaikan hasil belajar sedang dan 46,9% dalam kategori rendah. Pada kelompok eksperimen sebanyak 87,1% memiliki kenaikan hasil belajar sedang dan 41,9% tergolong tinggi; (2) hasil belajar mencapai ketuntasan yaitu hasil uji ketuntasan untuk kelompok eksperimen sebesar 5,97 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar 80,58 secara nyata melebihi 69 atau telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar -0,781 dengan signifikansi 0,441 > 0,05, yang berarti bahwa pada kelompok kontrol belum mencapai ketuntasan. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada kelas eksperimen sebesar 87,1% dan pada kelas kontrol sebesar 59,4%. Kesimpulan yang diperoleh yaitu buku bahan ajar IPS berbasis kearifan lokal anyaman Kudusan meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Disarankan agar guru menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal anyaman Kudusan karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr, Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd., |
Kata Kunci: | Bahan Ajar IPS, Kearifan Lokal. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 22:06 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 22:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20765 |
Actions (login required)
View Item |