Upaya Mengurangi Agresivitas Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas XII Tata Busana 2 SMKN 3 Pati Tahun 2013/ 2014.

Afiliasari, Dian Ayu (2013) Upaya Mengurangi Agresivitas Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas XII Tata Busana 2 SMKN 3 Pati Tahun 2013/ 2014. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
Halaman_Depan.pdf - Accepted Version

Download (632kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (149kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (797kB)

Abstrak

Afiliasari, Dian Ayu. 2013. Upaya Mengurangi Agresivitas Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas XII Tata Busana 2 SMKN 3 Pati Tahun 2013/ 2014. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: i. Drs. Sucipto, M.Pd, Kons., ii. Drs. Masturi, MM. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Agresivitas Agresifitas merupakan wujud kekerasan baik fisik maupun yang hanya bersifat ketgangan mental seringkali muncul sebagai wujud meningkatnya tempramen atau kondisi ketegangan emosional individu. Sedangkan konseling kelompok adalah wawancara, konseling antara konselor profesional sebagai pemimpin kelompok utuk memecahkan masalah dengan pertimabangan pribadi para anggota, kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kecenderungan siswa kelas XII TB 2 SMKN 3 Pati Tahun Pelajaran 2013 yang menggunakan kekerasan fisik maupun verbal dalam berinteraksi dengan temanya. Dipilhnya layanan konseling kelompok bertujuan agar siswa mampu mengungkapkan seluruh penyebab perilaku aresif yang selama ini ditunjukkan. Kemudian siswa diberikan perlakuan bersama teman-temannya agar mengurangi perilaku agresifnya melalui layanan konseling kelompok.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana layanan konseling kelompok dapat mengurangi agresifitas siswa kelas XII SMKn 3 Pati Tahun 2013/2014? Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang agresifitas siswa sebelum dan sesudah layanan konseling kelompok dan mengurangi perilaku agresif siswa melalui layanan konseling kelompok pada siswa kelas XII Tata Busana SMKN 3 Pati Tahun 2013/2014. Secara teoritis, manfaat penelitian ini adalah; (i) Memperoleh wawasan baru tentang bagaimana melaksanakan layanan konseling kelompok untuk mengurangi perilaku agresif siswa, (ii) Mengurangi perilaku agresif yang terdapat dalam diri siswa dan (iii) Terjalin hubungan yang harmonis antar siswa. Sedangkan Manfaat Praktisnya adalah; (i) Guru BK (Konselor) memperoleh model layanan konseling kelompok untuk mengurangi agresifitas siswa dan (ii) Siswa dapat berhubungan dengan harmonis dengan yang lain tanpa menunjukkan sikap-sikap yang agresif. Agresifitasdayngditelitidalampenelitianiniadalahanalisisagresivitassiswaberdasarkanterosipsikologi social dimanaagresivitasdikajisebagaisebuahgejalakekerasanbaik verbal maupunnon verbalsertaperilakuantisosialsiswa. Hipotesis yang akandiujimelaluipenelitianiniadalah “LayananKonselingKolompokDapatMengurangiPerilakuAgresifSiswaKelas XII Tata Busana2 SMKN 3 PatiTahunPelajaran 2013/2014”. Subyek dalam penelitian ini adalah delapan siswa kelas XII TB 2 SMKN 3 Pati Tahun ajaran 2013/2014 yang memiliki kecenderungan agresivitas sangat tinggi dalam bergaul. Penelitian ini didesain dengan pendekatan penelitian tindakan yang disusun dalam rancangan dua siklus. Siklus pertama direncanakan lima kali pertemuan dan siklus kedua juga dirancang dalam lima kali pertemuan. Penelitian ini berlangsung mulai 12 Juni 2013 hingga 31 Agustus 2013.Alat yang digunakanuntukmemperoleh data adalahobservasiuntukmengetahuiperbedaanagresifitassebelumdansesudahpemberianperlakuan.Analisis data yang digunakanadaahgabunganantaraanalisisi data kuantitatifdankualitatif agar dapatmengetahuikuantitaskeberhasilandankualitaskeberhasilan. Hasil penelitian yang dilakukan dalam dua siklus layanan konseling kelompok dimana masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan menunjukkan pada tahap survei awal agresivitas siswa kelas XII Tata Busana 2 SMKN 3 Pati sangat tinggi atau sangat agresif yaitu rata-rata skor 94, setelah diberi layanan konseling kelompok pada siklus I hasil skor rata-rata 53 dalam kategori sukup. Karena hasilnya belum maksimal maka dilakukan Konseling kelompok siklus II dengan tujuan mengatasi agresivitas siswa menjadi rendah atau kurang agresif menjadi rata-rata skor 36. Peningkatan siswa juga dapat dilihat dari aktivitas siswa dalam Konseling kelompok pada siklus I dan siklus II. Semula hanya siap, aktif, antusias, dapat menghargai pendapat tanpa emosi, dan dapat menerima kelebihan serta kekurangan teman pada siklus II menjadi lebih siap, lebih aktif, lebih antusias dalam mengikuti Konseling kelompok, mampu menerima dan menghargai pendapat teman dengan tenang, serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan teman tanpa mencela. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis ” Layanan Konseling Kolompok Dapat Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas XII Tata Busana 2 SMKN 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014” diterima karena teruji kebenarannya. Saran yang diberikan peneliti kepada; (i) kepala sekolah agar secara profesional dapat membantu siswa dalam mengatasi agresivitas pada siswa, (ii) konselor agar dapat membantu siswa dalam mengatasi agresivitas melalui penyelenggaraan Konseling dan konseling sehingga siswa dapat berkembang dengan optimal dan memiliki pribadi yang baik, (iii) siswa supaya dengan konseling kelompok yang telah diadakan sekolah agar dimanfatkan sebaik-baiknya demi kemajuan dalam dirinya khususnya dalam mengatasi agresivitas dan (iv) orang tua agar selalu memantau perkembangan psikologis anak pada saat di rumah sehingga anak dapat berinteraksi dengan lingkungan di mana ia berada tanpa merugikan diri sendiri dan orang lain.  

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Nama : Drs. Sucipto, M.Pd. Kons
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Feb 2014 02:17
Last Modified: 18 Feb 2014 02:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item