Nugroho, Wahyu (2013) PENERAPAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE UNTUK MENGATASI KONDISI PSIKOLOGIS AKIBAT PERCERAIAN ORANG TUA PADA SISWA SMA 1 JEKULO KUDUS. Update Test thesis, FKIP UMK.
Preview |
PDF (Halaman Sampul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (646kB) |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (152kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstrak
Nugroho, Wahyu.2013, “PenerapanKonseling Rational Emotive UntukMengatasiKondisiPsikologisAkibatPerceraian Orang TuaPadaSiswa SMA 1 Jekulo Kudus”.Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. H.Sucipto, M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing II Dra. Sumarwiyah, M.Pd.Kons. Kata Kunci:Konseling RET, KondisiPikologis Latarbelakangpenelitianadasebagiansiswa SMA 1 Jekulo Kudus tahunpelajaran 2012/2013 yang mengalamitekananpsikologisepertitumbuh rasa tidakamandankemurunganberkepanjangansehinggaseringkalimalassekolahdanbelajar, merasarendahdiridanmenutupdiridaripergaulandenganteman-temansekolahnya, halinikarena orang tuamengalamiperceraian. Rumusanmasalah: BagaimanapenerapankonselingRET dapatmembantumenanganidampakpsikologispadasiswayang orang tuanyamengalamiperceraiandi SMA 1 JekuloKudus TahunPelajaran 2012/2013?Tujuanpenelitian: 1. Menemukanfaktor-faktorpenyebabdampakpsikologispadasiswa yang orang tuanyamengalamiperceraian. 2. Untukmengetahuipenerapankonseling RET dalammembantumenanganidampakpsikologispadasiswayang orang tuanyamengalamiperceraian. Kegunaanpenelitian: 1. KegunaanTeoritis: Menambahkhasanahperpustakaan. 2. KegunaanPraktis: a. BagiKepalaSekolah, sebagaimasukantentangpentingnyapemberianlayananbimbingandankonselingbagisiswa yang tertekansebagaidampakpsikologis. b. BagiKonselor, masukanbagikonselordalammengatasidampakpsikologiskarenaperceraian orang tua. c. BagisiswaMembantumenghilangkandampakpsikologis yang timbulkarenaperceraian orangtua. d. Bagipenelitidijadikanpengalamandalammengatasidampakpsikologiskarenaperceraian orang tua. Perceraianmerupakankulminasidaripenyesuaianperkawinan yang buruk, yang terjadiapabilaantarasuamidanistrisudahtidakmampulagimencaricarapenyelesaianmasalah yang dapatmemuaskankeduabelahpihak. Akibatperceraian,berdampaknegatifterhadapkondisipsikologisanak, seperti; perasaansedih, rasa kehilangan, kesulitanpenyesuaiandiri, kesulitanbelajar, ataupenarikandiridarilingkungansosial.Pengentasannyamelaluikonseling RET untukmemperbaikidanmerubahsikapdancaraberpikir yang irasionaldantidaklogismenjadipandangan yang rasionaldanlogis, melaluiteknikpersuasif, reinforcement, dan social modeling.Hipotesis: Penerapankonseling RET dapatmembantumenanganidampakpsikologisklien yang orang tuanyamengalamiperceraian. Jenispenelitianadalahpenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatanstudikasus. Tempatpenelitian di SMA 1 Jekulo Kudus.Teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Teknikanalisis data induktif system Bacon, yaitupenelitimengumpulkanfaktor-faktortentangkondisikonseli, kemudianbarudapatditarikkesimpulantertentuataupemecahanmasalah.Subyekpenelitian AAR, JS dan AG. Hasilpenelitian: Klien I (AAR) mengalamitekananpsikologisyaitumerasarendahdiriuntukbergauldenganteman-temansekolahkarenaperekonomian orang tuakurangmampudansulitberkonsentrasidalambelajar. Melaluikonseling RET teknikpersuasifklienmaumembukadiridalampergaulandanmotivasibelajarnya pun meningkat. Klien II (JS) mengalamitekananpsikologisyaitumenutupdiridanpasifdalamkegiatanbelajar.Melaluikonseling RET teknikReinforcementklienterlihatrileks, tenang, sertalebihpercayadiri. Klien III (AG) mengalamitekananpsikologissepertimurung, menutupdiridaripergaulan, rendahdiri, dantidakberminatdalambelajar.Melaluikonseling RET tekniksosial modeling kliendapatmerubahperilakumenjadilebihbaikdarimencontohperilaku model. Simpulanfaktor internal daneksternal yang mempengaruhikondisipsikologisklien I (AAR) rendahdiridanfaktorekonomi orang tua yang kurangmampu. Klien II (JS) kurangpercayadiri, danhubungan interpersonal dengan orang tua yang kurangharmonis. Klien III (AG) rendahdiridankonsepdirinegatifdantidakberminatdalamkegiatanbelajarserta orangtua yang seringcekcok. Disarankanbagisekolahmemonitoringdanevaluasiterhadapperilakusiswa, bagikonseloruntukmemberikankonseling RET menggunakanteknik yang tepat, bagisiswauntukterbukadankooperatifdengankonselor, orang tuatetapmemberikanperhatiandenganmenerapkankedisiplinandanmenciptakansuasananyaman, danuntukpenelitiselanjutnyauntukmemperbakiteknikkonseling RET.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Nama :Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons |
Kata Kunci: | bimbingan dan konseling |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Feb 2014 07:28 |
Last Modified: | 24 Feb 2014 07:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2174 |
Actions (login required)
View Item |