ISLAMIYAH, ISLAMIYAH (2024) Analisis kesulitan membaca permulaan pada materi cerita bergambar siswa kelas 1 sdn undaan kidul 3. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan pada siswa di kelas 1 SDN Undaan Kidul 3. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca permulaan serta fakto-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada siswa kelas 1 SDN Undaan Kidul 3. Membaca permulaan merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa, dengan mengajarkan siswa mengenal lambang bunyi dan tulisan dengan cara dilafalkan. Untuk itu, guru harus merancang pembelajaran membaca yang menyenangkan dan menarik siswa dan menjadikan membaca sebagai pembiasaan bagi mereka. Dengan kemampuan membaca yang baik akan mampu mendukung proses pembelajaran siswa sehingga siswa tidak tertinggal dalam menerima informasi yang bersumber dalam buku bacaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Undaan Kidul 3 yang berjumlah 10 orang. Dengan teknik pengumpulan data yang akan digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ditemukan beberapa kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 pada membaca cerita bergambar. Kesulitan tersebut berupa pelafalan pada hruf yang memiliki bunyi hampir sama, pelafalan pada kata yang terdapat huruf vokal rangkap dan kelancaran mmebaca yang masih terbata-bata. Kemudian kejelasan suaranya ada yang kurang jelas dan tidak stabil. Siswa masih belum bisa membaca dengan menggunakan intonasi dan tanda baca yang tepat. Adapun kesulitan membaca tersebut dipengaruhi oleh faktor pada anak yang malas dalam belajar membaca, tidak ada minat membaca. Kemudian faktor lainnya karena pengaruh handphone dan kurangnya perhatian orang tua dalam mendampingi anak membaca. Pada penelitian ini untuk semua pihak yang bersangkutan terutama guru,orang tua mampu memberikan perhatian yang lebih dan mefasilitasi siswa dalam mengebangkan kemampuan membacanya dan bisa mendorng siswanya supaya berminat dalam belajar membaca.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Siti Masfuah, M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2:Lintang Kironoratri, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kesulian Belajar, Membaca Permulaan, Cerita Bergambar |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 20:12 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 20:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
