UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET MELALUI LAYANAN ORIENTASI PADA SISWA KELAS VII-G MTs N 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Jannah, Nor (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET MELALUI LAYANAN ORIENTASI PADA SISWA KELAS VII-G MTs N 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (380kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (129kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (129kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (766kB)

Abstrak

Jannah, Nor. 200931224. Upaya Meningkatkan Aktivitas belajar Terhadap Penggunaan Internet Melalui Layanan Orientasi Pada Siswa Kelas VII-G MTs N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (I) Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons., (II) Drs. Arista Kiswantoro. Kata kunci : Aktivitas belajar terhadap penggunaan internet, Layanan orientasi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu internet telah menjadi bagian penting dalam berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali bidang pendidikan. MTs N 2 Kudus sudah memperkenalkan peserta didik memanfaatkan penggunaan internet yang baik dan benar untuk membantu meningkatkan aktivitas belajarnya termasuk kelas VII-G. Namun, penggunaan internet di kalangan peserta didik cenderung untuk kesenangan dan bermain-main saja. Hal itu menyebabkan kurangnya aktivitas belajar bahkan berdampak buruk pada diri peserta didik. Berdasarkan pada kenyataan tersebut, peneliti memberikan layanan orientasi untuk meningkatkan aktivitas belajar terhadap penggunaan internet pada siswa kelas VII-G MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Rumusan masalah: Apakah pemberian layanan orientasi tentang penggunaan internet dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII-G MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian: 1. Mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mendapat layanan orientasi tentang penggunaan internet. 2. Diperolehnya peningkatan aktivitas belajar peserta didik sesudah mendapat layanan orientasi. Kegunaan penelitian: 1) Teoritis: diharapkan dapat memberikan wawasan keilmuan berkaitan Bimbingan dan Konseling, khususnya layanan orientasi. 2) Praktis: 1. Sekolah, dapat sebagai landasan mengambil kebijakan mendukung bimbingan dan konseling di sekolah. 2. Konselor, dapat digunakan sebagai alternatif bantuan peserta didik khususnya layanan orientasi dan meningkatkan kualitas bimbingan dan konseling. 3. Siswa, dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran menggunakan internet dengan baik dan benar guna meningkatkan aktivitas belajarnya. 4. Peneliti, dapat memberikan wawasan dan pengetahuan serta pengalaman peneliti memberikan layanan orientasi. Hipotesis: Layanan orientasi dapat meningkatkan aktivitas belajar terhadap penggunaan internet pada siswa kelas VII-G MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian adalah 18 peserta didik terdiri dari 8 siswa dan 10 siswi. Variabel bebas (X) yaitu layanan orientasi dan variabel (Y) adalah aktivitas belajar terhadap penggunaan internet. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menggunakan PTK-BK dengan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Hasil penelitian pada observasi pra siklus diperoleh rata-rata 13,06 (26%) kategori sangat kurang. Setelah diberi layanan orientasi pada sikus I, aktivitas belajar terhadap penggunaan internet peserta didik meningkat tetapi belum maksimal dengan rata-rata 32,78(66%) kategori cukup. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 47,5 (95%) kategori sangat baik. Hasil tindakan yang diharapkan yaitu 75%. Persentase pada siklus II memperoleh 95% > 75%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa layanan orientasi dapat meningkatkan aktivitas belajar terhadap penggunaan internet pada siswa kelas VII-G MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2012/2013 dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Saran dari peneliti kepada: 1. Kepala sekolah, diharapkan memberikan jam masuk kelas pada konselor sekolah. 2. Konselor, diharapkan memaksimalkan pelayanan bimbingan dan konseling terutama layanan orientasi. 3. Siswa, menyadari pentingnya memanfaatkan penggunaan internet dengan baik dan benar untuk meningkatkan aktivitas belajar melalui layanan orientasi yang telah diberikan peneliti. 4. Peneliti, dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam bimbingan dan konseling khususnya layanan orientasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Nama : Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Feb 2014 08:00
Last Modified: 24 Feb 2014 08:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2177

Actions (login required)

View Item View Item