Efektivitas model problem based learning berbantuan media question card untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sd 5 bulungcangkring

DAMAYANTI, MIFTAKHUNNISA (2024) Efektivitas model problem based learning berbantuan media question card untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sd 5 bulungcangkring. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa rendah yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menganalisis perbedaan rata-rata antara skor pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Question Card pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD 5 Bulungcangkring. (2) Mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPAS siswa kelas V SD 5 Bulungcangkring dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Question Card. Model Problem Based Learning berbantuan media Question Card adalah model dan media pembelajaran yang memiliki struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pada interaksi peserta didik dan bertujuan untuk peingkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pada penelitian ini peneliti melakukan eksperimen untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Question Card. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode Kuantitatif Eksperimen dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD 5 Bulungcangkring yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik sampel non-probability sampling jenis sampel jenuh. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas expert judgement, uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan pengujian dari uji paird samplmenunjukkan nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima, maka terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest yaitu 59,9 sedangkan rata- rata nilai posttest 89,7. Dengan presentase nilai N-Gain mendapatkan 76,5% yang menunjukkan penafsiran efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) adanya perbedaan rata-rata antara skor pretest dan skor posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbasis media Question Card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa krlas V SD 5 Bulungcangkring dan (2) adanya peningkatan skor pretest dan skor posttest sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbasis media Question Card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa krlas V SD 5 Bulungcangkring.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Khamdun., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2:Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Model Problem Based Learning, Media Question Card.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 19:01
Last Modified: 04 Aug 2024 19:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21782

Actions (login required)

View Item View Item