RAHMAN, NAUFAL AINUR (2024) Analisis kedisiplinan pada proses pembelajaran siswa kelas iv sd negeri 5 bulungcangkring. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kedisiplinan dan faktor pendukung serta penghambat kedisiplinan pada proses pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri 5 Bulungcangkring. Fokus penelitian membahas pada kondisi kedisiplinan pada proses pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri 5 Bulungcangkring. Kedisiplinan mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran. Siswa yang menunjukkan kesiapan dan keseriusannya dalam proses pembelajaran di kelas, selalu mengerjakan tugas maupun kegiatannya di rumah, tidak memiliki masalah dalam kelengkapan pembelajaran cenderung siswa tersebut mempunyai disiplin belajar yang tinggi. Sebaliknya siswa yang tidak bisa menunjukkan kesiapan dan keseriusannya dalam proses pembelajaran, tidak melaksanakan tugas dan kewajibannya, siswa tersebut cenderung mempuyai sifat disiplin yang kurang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa dan guru. Adapun objek penelitian ini adalah kedisiplinan pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas IV SD 5 Bulungcangkring dalam mengikuti proses pembelajaran memiliki kedisiplinan yang meliputi ketepatan waktu datang dan pulang, kewajiban siswa, larangan siswa, serta penggunaan berpakaian/berseragam yang sesuai dengan peraturan. Sedangkan faktor pendukung kedisiplinan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran adalah faktor guru, peraturan (tata tertib), serta penerapan hukuman/sanksi yang mendidik. Faktor penghambat kedisiplinan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran adalah pengaruh teman yang tidak disiplin Siswa sebaiknya tetap mempunyai sikap kedisiplinan yang ada pada dirinya, orang tua senantiasa terus memperhatikan dan mendidik anak supaya tetap selalu menerapkan kedisiplinannya, guru yang senantiasa konsisten memberikan teladan disiplin kepada siswa, dan peneliti supaya memahami secara lebih mendalam kaitannya dengan kedisiplinan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2:Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | pendidikan karakter, kedisiplinan, pembelajaran |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Aug 2024 20:12 |
Last Modified: | 04 Aug 2024 20:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
