Utami,, Oktavia Putri (2024) Peningkatan hasil belajar ipas kelas iv sd 2 jati wetan kudus melalui model pembelajaran numbered heads together dengan media kipas. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Jati Wetan Kudus mata pelajaran IPAS dengan menerapkan model Numbered Heads Together berbantuan media KIPAS pada tahun ajaran 2023/2024, (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SD 2 Jati Wetan Kudus. Model pembelajaran Numbered Heads Together merupakan salah satu model pembelajaran di mana siswa mampu belajar aktif, melatih tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan oleh gurunya dengan berdiskusi. Media pembelajaran KIPAS adalah jenis media visual yang menunjang siswa dalam belajar materi konseptual. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus. Pada siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam 2 pertemuan, dengan tahapan perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan sisiwa kelas IV SD 2 Jati Wetan Kudus. Tenik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif diskriptif dan kuantitatif statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal pada siklus I 69% kategori cukup baik, pada siklus II 92% kategori sangat baik. Keterampilan siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal pada siklus I 85% kategori baik, pada siklus II 100% kategori sangat baik. Dan keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dengan perolehan jumlah rata-rata skor pada siklus I 83 kategori baik, pada siklsu II 93 kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan kartu IPAS smart dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD 2 Jati Wetan Kudus. Saran yang dirumuskan adalah sebaiknya siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan kerjasama kelompok, guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan keterampilan mengajar dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Ika Otavianti, M.Pd, sekalu dosen pembimbing I Sekar Dwi Ardianti, M.Pd, sekalu dosen pembimbing II |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Numbered Heads Together, Media Kartu IPAS Smart |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 00:02 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 00:02 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
