Pengaruh model pembelajaran teams game Turnament dengan berbantuan media gaull (game edukasi wordwall) terhadap hasil Belajar matematika

FATIMATUZ ZAHRO, ULIN (2024) Pengaruh model pembelajaran teams game Turnament dengan berbantuan media gaull (game edukasi wordwall) terhadap hasil Belajar matematika. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (897kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstrak

Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang akan selalu dipelajari. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari manusia akan selalu berkaitan dengan matematika. Namun, mata pelajaran ini sering dianggap menakutkan dan tidak menarik bagi sebagian besar peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD 3 Karangbener karena proses pembelajaran yang monoton dan konvensional menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar matematika sesudah diterapkan model pembelajaran Teams Game Tournament berbantuan media GAULL (Game Edukasi Wordwall). Model Teams Game Tournament merupakan model pembelajaran kooperatif yang mampu membuat peserta didik aktif selama proses pembelajaran, melatih kerjasama tim, dan tentunya menyenangkan. Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) merupakan media berbasis teknologi yang memberikan inovasi baru yang lebih menarik sehingga sesuai dengan perkembangan zaman serta fleksibel dalam penggunaanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre experimental dengan desain one group pretetst posttest yang dilakukan pada peserta didik kelas IV SD 3 Karangbener. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Teams Game Tournament dengan media GAULL (Game Edukasi Wordwall) sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD 3 Karangbener yang juga sebagai sampel sebanyak 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan paired sample t test. Berdasarkan hasil penelitian peserta didik sangat antusias mengikuti pembelajaran karena mereka tertarik dengan media GAULL yang membuat peserta didik ingin terus mencoba, mereka sangat aktif dan berusaha menjadi kelompok terbaik di kelas. Penggunaan media dan model pembelajaran yang sesuai tersebutlah yang mempengaruhi perbedaan rata-rata pretest dari 41,40 kemudian saat posttest menjadi 79,20. Analisis data paired sample t test memperoleh nilai Stg.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata dari penerapan model Teams Game Tournament dengan media GAULL (Game Edukasi Wordwall) terhadap hasil belajar matematika. Saran dalam penelitian ini agar terdapat pengembangan media penelitian pada penelitian lebih lanjut.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or DOSEN PEMBIMBING 2:Lovika Ardana Riswari, M.Pd.
Kata Kunci: TGT, Wardwall, Hasil Belajar.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 00:11
Last Modified: 05 Aug 2024 00:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21816

Actions (login required)

View Item View Item