RESTI PRAMUDITA, ANGGITA (2024) Penerapan media wordwall berbasis education game untuk meningkatapemahaman kebudayaan nasional materi letak geografis indonesia di kelas v sd n 2 pelemkerep. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Rendahnya pengetahuan siswa terkait kebudayaan nasional di SD Negeri 2 Pelemkerep disebabkan karena pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional. Metode tersebut yang membuat siswa cepat jenuh dan malas belajar yang berimbas pada hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan kenyataan bahwa sebanyak 88,8% siswa mengalami kesulitan dalam mengenali keragaman budaya nasional serta pemahaman terkait budaya nasional masih terbilang belum tercapai. Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan guru dalam menginovasikan pembelajaran, aktivitas belajar siswa dan meningkatkan pemahaman kebudayaan nasional siswa menggunakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan guru dalam meneglola pembelajaran, mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dan proses peningkatan pemahaman kebudayaan nasional menggunakan Education game berbasis media wordwall pada materi letak geografis Indonesia muatan IPAS kelas V. Education game merupakan pembelajaran yang diinovasikan belajar sambil bermain. Education game ini dapat membantu proses pembelajaran anak-anak menjadi lebih menyenangkan. Didalam game yang dimainkan terdapat clue yang harus dipecahkan dan siswa mencari kata dari jawaban clue tersebut yang harus diselesaikan. Penelitian tindakan kelas akan dilaksanakan di SD Negeri 2 Pelemkerep, melibatkan 18 siswa kelas V dan guru, dengan dua siklus pembelajaran, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan tatap muka. Dari 2 siklus yang dilakukan terlihat adanya peningkatan pemahaman siswa dari siklus 1 dengan interval rata-rata 61,6% menjadi 76,60% di siklus 2. Kemudian terdapat peningfkatanaktivitas yang dialami siswa dari siklus I pertemuan pertama sebesar 58,31%, pertemuan ke dua 66,87% dan pada siklus II pertemuan pertama dan kedua sebesar 75,43% dan 80,98%. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data melibatkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang didapat, penelitian tersebut berhasil meningkatkan pemahaman siswa terkait kebudayaan nasional serta aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam mengajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Imaniar Purbasari, M.Pd |
Kata Kunci: | Kebudayaan Nasional, Keragaman, Pemahaman kebudayaan, Letak Geografis, education game |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 00:23 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 00:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
