Penerapan model pembelajaran nht ( numbered head together ) dalam upaya peningkatan karakter tanggung jawab peserta didik kelas iv Sd n 1 datar

Muttaqin,, Rikza Nur Falalul (2024) Penerapan model pembelajaran nht ( numbered head together ) dalam upaya peningkatan karakter tanggung jawab peserta didik kelas iv Sd n 1 datar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan kurangnya rasa tanggung jawab peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik dengan menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) di kelas IV SD Negeri 1 Datar. NHT (Numbered Head Together) merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran untuk berdiskusi dengan teman yang lainnya. Pendidikan karakter merupakan suatu cara untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter terhadap peserta didik. Salah satu Pendidikan karakter adalah tanggung jawab. Tanggung jawab adalah suatu kewajiban menanggung segala sesuatu atas perbuatan yang telah dilakukan Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Datar dengan subjek penelitian sebanyak 29 peserta didik, yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik Perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2 dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument penelitian yang digunakan adalah instrument observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik. Pada hasil observasi pra siklus memperoleh skor 48,8 dan siklus I mengalami peningkatan memperoleh skor 62,2 dengan kategori cukup. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh skor 86,6 dengan kategori baik. Kemudian model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) efektif di gunakan untuk pembelajaran, di tandai dengan hasil evaluasi akhir siklus yaitu pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 75,2 dengan kategori cukup dan pada siklus II mengalami meningkatan dengan memperoleh rata-rata nilai 82,9 dengan kategori baik. Penerapan model NHT (Numbered Head Together) dalam upaya meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik dapat menunjang peningkatan tanggung jawab peserta didik. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model NHT (Numbered Head Together di pelajaran lain yang sesuai, dengan mempersiapkan rancangan yang matang sehingga siswa dapat membiasakan peserta didik untuk bertanggung jawab.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Ahmad Bakhruddin, S.Pd.I., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 1 Dr.Wawan Shokib Rondli DOSEN PEMBIMBING 2
Kata Kunci: NHT (Numbered Head Together), Karakter Tanggung Jawab
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 21:19
Last Modified: 05 Aug 2024 21:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21845

Actions (login required)

View Item View Item