PUTRI ANGGRAENI, DIAH (2024) Pengaruh model pembelajaran realistic mathematics education berbasis etnomatematika batik mangundipuro terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang terdapat pada siswa SD Negeri Godo 01. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika batik Mangundipuro terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan berapa besar peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika batik Mangundipuro. Realistic Mathematics Education adalah suatu model untuk mengajar matematika yang berbasis pada keadaan real dan pengalaman siswa dalam kehidupan nyata. Etnomatematika dapat diartikan sebagai model pembelajaran berbasis budaya sebagai media bagi siswa untuk memahami pengetahuan pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan untuk mengungkapkan konsep dan ide-ide matematika secara lisan maupun tertulis dengan menggunakan gambar, tabel, diagram, rumus, ataupun demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Godo 01 dengan subjek penelitian 19 siswa dan guru yang berlangsung 3 kali pertemuan materi luas. Sampel yang digunakan adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Godo 01 dengan teknik sampling Jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Paired Sampel T-Test dan N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika batik Mangundipuro. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata pretest 41,67 dan rata-rata posttest 76,04. Hasil uji hipotesis pertama Uji Paired Sampel T-Test menunjukkan nilai sig (2- tailed) 0,001 < 0,05, maka Ha diberi dan H0 ditolak. Hasil N-Gain juga menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,60 yang mencapai kriteria sedang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika batik Mangundipuro.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2:Fitriyah Amaliyah, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Model Realistic Mathematics Education, Etnomatematika Batik Mangundipuro, Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 21:27 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 21:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21846 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
