AMALIYA, ISNA (2024) Pengembangan media interactive digital worksheets berbasis kemampuan berpikir kritis sebagai penguatan literasi matematika Di sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis desain pengembangan media interactive digital worksheets berbasis kemampuan berpikir kritis dalam penguatan literasi matematika kelas IV di Kecamatan Demak; 2) mengidentifikasi kelayakan dari pengembangan media interactive digital worksheets berbasis kemampuan berpikir kritis dalam penguatan literasi matematika kelas IV di Kecamatan Demak; dan 3) menguji keefektifan pengembangan media interactive digital worksheets berbasis kemampuan berpikir kritis dalam penguatan literasi matematika kelas IV di Kecamatan Demak. Metode penelitian menggunakan Research and Development yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan 10 langkah penelitian yang disederhanakan dan disesuiakna menjadi 7 langkah penelitian sesuai kebutuhan peneliti, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Keefektifan media interactive digital worksheets diperoleh dari skor pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji-t untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematika siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) karakteristik media hasil pengembangan berupa interactive digital worksheets berbasis kemampuan berpikir kritis berisi materi dan soal-soal latihan pada mata pelajaran matematika materi bilangan pecahan; 2) kelayakan media berdasarkan rata-rata skor siswa menunjukkan nilai 90%, sedangkan hasil angket respon guru terhadap media pembelajaran adalah 87,5% dengan kategori sangat layak; dan 3) keefektifan media interactive digital worksheets dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika ditunjukkan dari rata-rata uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 83,33% termasuk dalam kategori sangat efektif. Sehingga media interactive digital worksheets sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas IV.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Prof. Aida Suraya Haji MD. Yunus, Ph.D., DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd., |
Kata Kunci: | interactive digital worksheets, berpikir kritis, literasi matematika, sekolah dasar |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 20:57 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 20:57 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
