HINDUN, SITI (2024) Pengaruh supervisi akademik dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar Di kecamatan nalumsari Kabupaten jepara. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (223kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download (328kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (799kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download (185kB) | Preview |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini antara lain untuk menganalisis: 1) pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. 2) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara 3) pengaruh supervisi akademik dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Dilaksanakan di sekolah dasar di Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara yang mempunyai populasi mencapai 94 guru dengan penentuan sampling menggunakan rumus tehnik slovin (n=77). Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Desain kuisioner menggunakan skala likert untuk ketiga variabel yang ada serta didasarkan pada pedoman instrumen yang dibuat.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi dalam menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti dari uji regresi secara parsial melalui uji t, didapat nilai t hitung pada variabel supervisi akademik = 98,768 > t tabel = 9,938. Begitupun nilai Sig. 0,000 < Alpha 5% atau 0,05 sehingga untuk uji hipotesisnya menerima H1 dan menolak Ho, uji nilai t hitung pada variabel tingkat lingkungan kerja = 15,156 > t tabel = 3,893. Begitupun nilai Sig. 0,000 < Alpha 5% atau 0,05 sehingga untuk uji hipotesisnya menerima H2 dan menolak Ho. Hasil analisis regresi melalui uji F secara simultan, didapat F hitung = 49,615 > F tabel = 8,373 dan nilai Sig. 0,000 < Alpha 5% atau 0,05 sehingga untuk uji hipotesisnya dinyatakan menerima H3 dan menolak Ho. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa variabel supervisi akademik dan lingkungan kerja miliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Dari penelitian disarankan, bahwa Kepala Sekolah hendaknya selalu berusaha memotivasi guru untuk terus meningkatkan kompetensinya sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, memfasilitasi dan mencari solusi untuk membantu guru mengatasi kesulitan dalam menyusun program kerja melalui in-house training atau kegiatan workshop lainnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Suad, M.Pd, DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Erik Aditia Ismaya, MA |
Kata Kunci: | Supervisi Akademik, Lingkungan Kerja, Kinerja Guru |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 20:24 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 20:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21912 |
Actions (login required)
View Item |