NUR KHOMSAH, SITI (2023) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi tik guru terhadap implementasi kurikulum merdeka. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text
Bab 4 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis kepemimpinan kepala sekolah terhadap implementasi kurikulum merdeka, (2) menganalisis pengaruh kompetensi TIK guru terhadap implementasi kurikulum Merdeka Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah populasi guru SD Negeri di Kecamatan Tambakromo yang terdiri 192 guru. Dan sebagai sampel yaitu 123 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disusun dalam pertanyaan tertutup dengan 5 alternatif pilihan skala likert. Pengujian instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas agar data yang dihasilkan valid dan reliabel sebagai syarat uji kuesioner yang layak. Analisis data penelitian ini menggunakan Analisis Structural Equation Modeling (SEM), dengan olah data AMOS 24. Hasil penelitian diperoleh data output model_5 Struktural fit pada variabel eksogen nilai C.R ≤ 1,967 yaitu sebesar -0,051 dan nilai probabilitas (P) ≥ 0,05 yaitu sebesar 0,959 maka H0 diterima (hipotesis penelitian ditolak). Bahwa variable eksogen kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh secara langsung pada variabel endogennya yaitu implementasi kurikulum Merdeka. Berdasarkan model_5 Struktural fit yang ada pada hasil penelitian nilai loading faktor kompetensi TIK guru sudah valid sebesar 0,58 dan nilai Critical Ratio (C.R.) pada Regression Weights dari fit model (Model_5 Struktural fit) ≥ 1,967 yaitu sebesar 7,298 atau nilai probabilitas (P) ≤ 0,05 yaitu sebesar 0,000 maka H0 ditolak (hipotesis penelitian diterima). Variabel eksogen kompetensi TIK guru berpengaruh positif dan signifikan secara langsung pada variabel endogennya yaitu implementasi kurikulum merdeka. Data tersebut artinya variabel eksogen kompetensi TIK guru merupakan variabel eksogen yang paling dominan dalam mempengaruhi implementasi kurikulum merdeka
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., |
Kata Kunci: | kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi TIK guru, implementasi kurikulum merdeka |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 20:35 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 20:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
