Implementasi model problem-based learning (pbl) berbantuan media swote-math berbasis etnomatematika candi borobudur pada materi sistem persamaan linear dua variabel terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

ARIYANTO, MUHAMMAD PUJI Implementasi model problem-based learning (pbl) berbantuan media swote-math berbasis etnomatematika candi borobudur pada materi sistem persamaan linear dua variabel terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terlihat dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Nalumsari sebesar 100%. Tujuan penelitian ini: (1) menganalisis pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV yang diajar menggunakan model PBL berbantuan media SWOTE-MATH lebih baik dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, (2) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV yang diajar menggunakan model PBL berbantuan media SWOTE�MATH lebih baik dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, (3) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV sebelum dan sesudah diterapkan model PBL berbantuan media SWOTE-MATH. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan quasi experimental design dengan pre-test and post-test control design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nalumsari semester I tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah 32 siswa dan kelas VIII B dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan instrumen soal pre�test dan post-test. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas, uji t dua sampel independen, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV yang diajar menggunakan model PBL berbantuan media SWOTE-MATH lebih baik dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, (2) rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV yang diajar menggunakan model PBL berbantuan media SWOTE-MATH lebih baik dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV sesudah diterapkan model PBL berbantuan media SWOTE-MATH, dengan kriteria peningkatan sedang. Kesimpulannya adalah implementasi model PBL berbantuan media SWOTE-MATH dapat meningkatkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem-Based Learning, SWOTE-MATH
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Jan 2025 19:31
Last Modified: 15 Jan 2025 19:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22554

Actions (login required)

View Item View Item